Ketua Tim Geopark Talamau Pasbar Susun Tim Pokja

Foto Dok. Ketua Tim Geopark.Talamau Pasbar, Decky H. Sahputra didampingi Roby Zandriko Koordinator Tehnis Harian Geopark menyeleksi calon Tim Pokja

Barometernews.id | Pasbar, – Ketua Tim Geopark Talamau Pasbar, Decky H. Sahputra yang didampingi oleh Roby Zandriko Koordinator Tehnis Harian Geopark saat mempersiapkan nama-nama Pokja Geopark Talamau di Sekretariat Kompleks Latifah 32 Simpang Empat Pasbar mengatakan pada Barometernews.id bahwa sosialisasi Geopark Talamau (FGD) terkait nama-nama yang tersaring nantinya di Kelompok Kerja Taman Bumi atau Geopark sebagai wilayah terpadu, diharapkan adalah mereka yang mampu menjadi salah satu garda terdepan dalam mensosialisasikan ke masyarakat tentang apa dan mengapa Geopark Talamau ada.

Foto Dokumentasi

Pokja sebagai kelompok yang terlatih nantinya diharapkan mampu memberikan dan meneruskan ke masyarakat tentang bagaimana menjaga dan melindungi serta pemanfaatan warisan geologi yang ada di Pasbar dengan cara yang berkelanjutan, termasuk mempromosikannya hingga salah satu tujuan adanya Geopark untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitarnya dapat tercapai.

Bacaan Lainnya

Menurutnya kegiatan yang dilaksanakan untuk mendukung pengembangan Geopark, sebagai identifikasi yang dilakukan dalam usaha pengembangan yang akan berkontribusi bagi upaya Indonesia memajukan wisata khususnya Kabupaten Pasaman Barat dalam mencapai gol dan target tujuan Pembangunan berkelanjutan.

“Dengan masuknya atau dengan telah diakui Geopark Talamau di tingkat nasional, kedepan akan ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh Kabupaten Pasbar, terutama dalam meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat di sekitarnya,” Terang Decky.

Ditambahkannya, rintisan atau Aspiring Geopark Nasional Talamau Pasbar sebagai Talamau Geopark Pasaman Barat bila kita bahu membahu secara bersama melalui Pokja maka tidak ada yang tak mungkin.

“InsyaAllah Bersama Kita Bisa, sebab Geopark Talamau merupakan kerja besar yang butuh kerjasama, kerja keras dan melibatkan banyak pihak, karena itu dibutuhkan keterlibatan banyak orang, dan pembagian kerja yang jelas. Diharapkan dengan banyaknya pihak yang terlibat dalam pokja akan mempermudah Badan Pengelola Geopark Talamau yang akan dibentuk nanti dalam merealisasikan program-program unggulan, hingga perhatian pemerintah daerah maupun pusat untuk ikut memajukan kawasan geopark di Gunung Talamau Pasaman Barat dapat tercapai,” Jelas Decky .

Roby Zandriko menambahkan, geopark punya konsep tema yang diusung nasional dan Internasional. Pasaman Barat sudah punya kunci masuk dengan keluarnya SK Menteri ESDM, sebagai kawasan geopark berkelas dunia, yang menjadi syarat sebuah daerah untuk maju menjadi geopark nasional.

Artinya geopart adalah program berkelanjutan  dengan kombinasi berbagai menteri, kamandonya tentu Menko Maritim, Bapenas, ESDM, Koperindag, pariwisata.

“Geopark warisan kekayaan geologi ciptaan Allah SWT, yang berkelanjutan wajib kita jaga dan lestarikan bersama,” Tegasnya.

Harapannya dengan tersaringnya nanti nama-nama yang di SK kan dalam bagian Pokja ini tentu di diri mereka telah tertanam secara bersama bagaimana menjaga dan melestarikan Alam Pasaman Barat yang sangat kaya dengan warisan geologi, flora dan fauna, serta warisan sejarah dan budaya yang semua layak untuk dijadikan kawasan geopark bertaraf nasional bahkan internasional. [Zoelnasti]

Pos terkait