Ketum PAN Ingatkan Isu Sara dan Agama Akan Dimainkan Pada Pileg

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Banda Aceh, – Ketua Umum Partai Amanat Nasion (PAN) Dr (HC) Zulkifli Hasan mengingatkan harus berhati-hati pada pemilihan legislatif (Pileg), isu sara dan agama akan dimainkan.

“Masyarakat harus harus hati-hati dan mewaspadai, itu sebagai ancaman pemecah belah umat,” Katanya, saat pembukaan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di Aula Asrama Haji Banda Aceh, Jumat  (19/8).

Menurut Zulkifli, isu sara dan agama sangat mudah dipermainkan, bahkan isu itu sebagai aktor utama penyebab kericuhan diantara umat beragama.

“Jadi harap diwaspadai. Jangan terpancing provokasi, sehingga dapat mengundang pertingkaian di tanah air,” Ungkapnya.

Disisi lain kata Dia, PAN belum mengusulkan nama-nama calon Presiden dan Wakil Presiden untuk Pemilu yang akan datang. Namun untuk menentukan pasangan calon yang akan diusulkan tergantung hasil Pileg.

“Belum ada nama Capres atau Cawapres. Nanti kita lihat bagaimana hasil Pileg, intinya fokus untuk Pileg dulu,” Tegasnya.

Hingga kini Tambah Zulkifli, PAN belum menerima usulan – usulan dari pasangan yang akan diusung sebagai Capres dan Cawapres.

“Usulan politik capres dan cawapres kita lihat detik pencalonan. Namun PAN hanya memfokuskan untuk kursi di Parlemen,” Tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPW PAN Aceh, Mawardi Ali disela-sela Rakerwil menyebutkan, awal September 2022, akan mempersiapkan pencalegan, kemudian pada Desember nama-nama pencalegan akan dikirimkan ke DPP PAN Pusat.

Sementara untuk Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), PAN Aceh menargetkan dua kursi.

“PAN Aceh terus bekerja, target Kursi DPR RI, DPRA dan DPRK. Intinya PAN harus ada kursi satu Fraksi,” Tegas Mawardi Ali.

Dia menyebutkan, untuk Capres PAN Aceh memberikan kuasa penuh ke Ketua Umum.

“Sementara PAN Aceh, akan mengirimkan nama-nama calon presiden. Meski dipastikan akan di usulkan Ketum. Usulan PAN Aceh akan dibawa kerakernas,” Pungkas mantan Bupati Aceh Besar itu. [HAS/jbm]

Pos terkait