KPK Tuntaskan Pelatihan PCB Terpadu Tahap Dua Untuk Partai Nasional

Foto Dokumentasi
“Untuk tahap dua PCB terpadu 2022, PKP jadi partai ke 16 yang ikut kegiatan ini. Artinya jadi partai terakhir dari 16 partai nasional yang kami libatkan. Selanjutnya KPK akan ke Aceh untuk melakukan PCB Terpadu tahap dua bagi empat partai lokal di sana,” Kata Nawawi di depan ketua Umum PKP, Yusuf Solihin yang turut hadir.Dia melanjutkan, PCB Terpadu 2022 dilaksanakan guna mendorong komitmen integritas dan meningkatkan kesadaran budaya anti korupsi pada pengurus parpol. Menurutnya parpol adalah mesin penggerak demokrasi, sehingga secara khusus parpol diharapkan dapat menghasilkan para pemimpin nasional dan daerah yang bersih dari korupsi.

“Harapannya tidak akan ada lagi para pemimpin yang dihasilkan partai politik dipenjara karena korupsi. Oleh karena itu, saya berharap PKP sebagai partai politik akan membawa khasanah baru bagi perpolitikan yang lebih bersih, beretika dan bebas dari korupsi,” Ujar Nawawi.

Bacaan Lainnya

Sementara itu Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Wawan Wardiana yang turut hadir dalam kegiatan itu menyampaikan ribuan kader partai nasional telah mengikuti kehiatan PCB Terpadu 2022. “Menurut data kami, 996 peserta telah mengikuti tahap dua ini secara luring. 13.000 peserta melalui kanal youtube dan lebih 3000 peserta dari platform Zoom. Data tersebut belum termasuk peserta PKP yang hadir hari ini secara luring dan daring melalui kanal youtube dan platform zoom,” Ucapnya.

Wawan juga menjelaskan kegiatan PCB terdiri dari 3 tahap. Executive Briefing yang dihadiri ketua umum dan sekretaris jenderal parpol pada 18 Mei 2022 jadi tahap pertama kegiatan ini.

“Yang kedua adalah hari ini, pembekalan antikorupsi bagi seluruh pengurus partai baik di pusat dan daerah. Secara luring para pengurus DPP, ketua-ketua DPD, DPW sampai DPC dan sisanya ikut hadir secara daring,” Katanya.

Dalam pelatihan tahap dua ini, tambah Wawan, ada beberapa pembekalan seperti pembekalan penguatan integritas individu. Selain itu kepada para pengurus partai nanti juga akan disosialisasikan sistem integritas parpol.

Sementara pada tahap ketiga PCB Terpadu 2022, nantinya para kader PKP mengikuti pembelajaran secara mandiri melalui e learning terkait anti korupsi sektor politik. Pada tahap ini, seluruh kader partai, setelah mengikuti pembelajaran mandiri, setiap individu mampu membuat rencana aksi apa yang akan dilakukan untuk mengimplementasikan nilai-nilai integritas dalam kehidupan berpartai politik.

Program PCB Terpadu 2022 sebagai salah satu bentuk dari pemberantasan korupsi  melalui sisi pendidikan dan pencegahan korupsi yang tengah dijalankan KPK yang disebut sebagai trisula pemberantasan korupsi yaitu pendidikan, pencegahan dan penindakan. [BHM-KPK RI]

Pos terkait