Layanan Jemput Bola Adminduk Disambut Bahagia Warga RW 17 Cipinang

  • Whatsapp
Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Timur kembali menggelar layanan jemput bola Administrasi Kependudukan (Adminduk) bagi warga.

Kali ini, layanan jemput bola digelar dengan menerapkan protokol kesehatan bagi warga RW 17 yang diselenggarakan di Kantor Sekretariat RW 17, Jalan Kramat Kosambi, Kelurahan Cipinang, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, Selasa (23/11). Kegiatan itu juga dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta, Budi Awaladin.

Bacaan Lainnya

Budi mengapresiasi antusiasme masyarakat untuk melakukan pembuatan berbagai dokumen Adminduk.

Pihaknya memberikan tujuh layanan Adminduk yang dapat terlayani secara baik bagi setiap warga Jakarta secara mudah, cepat, mudah dan bebas pungutan liar. Diantaranya, perekaman E-KTP, pembaruan KK (Kartu Keluarga), Akta Kelahiran, KIA (Kartu Indonesia Anak), Akta Perceraian dan Perkawinan serta Akta Kematian.

“Jemput bola ini bagian dari inovasi kami dalam memberikan pelayanan terbaik dan menyenangkan serta membahagiakan bagi masyarakat terkait administrasi yang diperlukan sejak warga terlahir dunia bahkan warga yang telah meninggal dunia,” Katanya.

Dijelaskan Budi, bahwa kegiatan tersebut merupakan terobosan baru pihaknya yang dinamakan `KAMSA` (Kampung Sadar Adminduk) sebagai wujud implementasi dalam penataan, penerbitan dokumen dan data kependudukan. Ia pun mengingatkan agar seluruh warga dapat menjaga secara baik berbagai dokumen kependudukan. Mengingat, saat ini ancaman cuaca ekstrem.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Timur, Nurrahman, mengatakan, layanan jemput bola ini bertujuan memberi kemudahan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk layanan kependudukan yang belum dimutakhirkan. Pihaknya, mengerahkan satu unit mobil untuk perekaman KTP elektronik.

“Kegiatan ini agar warga tidak perlu menunggu lama dalam mengurus layanan Adminduk. Sejak pukul 08.00 WIB warga sudah berdatangan dan terlayani sebanyak 234 layanan kependudukan baik itu perekaman KTP maupun pencetakan KTP, KK dan KIA,” Tambahnya.

Juwita, warga RT 006/RW 17 Kelurahan Cipinang, Kecamatan Pulo Gadung, mengaku senang dengan adanya kegiatan jemput bola layanan kependudukan. Kedatangannya, ikut serta dalam mengurus akte kematian bagi orang tuanya dan perbarui KK, lantaran lebih hemat waktu dan tidak repot.

“Enak ya enggak repot. Terima kasih kepada Dinas Dukcapil yang telah memberikan kemudahan layanan administrasi kependudukan bagi Kami,” Ujarnya. [Kominfotik JT/AJ]

Pos terkait