Layani Jalur Jakarta – Malang, DAMRI Launching Trayek Baru

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – DAMRI sebagai operator transportasi darat di bawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara resmi melayani angkutan antar kota untuk rute Jakarta – Malang. Peresmian rute baru ini dilaksanakan pada Rabu (10/03) bertempat di Kemayoran, Jakarta Pusat. Hal tersebut dilakukan seiring dengan komitmen DAMRI, yaitu memberikan pelayanan optimal pengguna jasa transportasi publik.

Foto Dokumentasi

Acara peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan pemecahan kendi oleh Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha DAMRI Sandry Pasambuna yang juga disaksikan oleh Direktur Teknik dan Fasilitas DAMRI Arifin, General Manager DAMRI Cabang Bandara Soekarno-Hatta Nardi, Direktur Utama Red Bus Indonesia Danan Christadoss, dan Senior Market Manager Transport Traveloka Diandra Andreansa.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Sandry Pasambuna mengatakan bahwa peresmian trayek ini diharapkan dapat memudahkan perjalanan pelanggan DAMRI melalui pergerakan orang dan barang, guna meningkatkan roda perekonomian kawasan Kota Malang.

“Kami sangat mengapresiasi kerja sama yang dilakukan DAMRI dengan RedBus dan Traveloka untuk membantu memperkuat dan memperluas jaringan transportasi darat,” Jelas Sandry.

Rute Jakarta – Malang dengan jarak sekitar 853,7 KM ditempuh dengan waktu tempuh 10 – 12  jam. Titik keberangkatan dari Jakarta terdapat di dua tempat, yaitu :

– Pool DAMRI Kemayoran, dengan jam keberangkatan pukul 18.00 WIB

– Terminal Pulogebang, dengan jam keberangkatan pukul 19.00 WIB

Sedangkan dari Malang :

– Pool DAMRI Malang, jam keberangkatan pukul 13.00 WIB

– Terminal Arjosari, jam keberangkatan pukul 14.00 WIB

Tarif yang dikenakan sebesar Rp 325.000 untuk Eksekutif, sedangkan Rp 375.000 untuk Royal Class.

Pemesanan tiket DAMRI bisa dilakukan melalui aplikasi DAMRI Apps, portal tiket.damri.co.id, atau seluruh kanal penjualan resmi lainnya dengan batas pemesanan paling lambat 3 jam sebelum waktu keberangkatan. Penumpang juga bisa melakukan pembayaran di berbagai platform digital, seperti Traveloka, RedBus, OVO, LinkAja, GoPay, Mandiri, dan gerai Indomaret di seluruh Indonesia.

Hadirnya layanan angkutan antar kota tersebut merupakan bagian dari kegiatan pengembangan usaha DAMRI untuk memperkuat dan memperluas jaringan transportasi darat, membangun konektivitas antar moda, sekaligus mendukung peningkatan perekonomian Provinsi DKI Jakarta dan Malang. Fasilitas yang tersedia seperti reclining seat, Air Conditioning (AC), dan konfigurasi seat 2 : 1 dengan jumlah kursi 23.

DAMRI terus mengampanyekan gerakan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak saat memasuki area pool DAMRI atau armada bus kepada seluruh pelanggan maupun pegawai.

Untuk operasional, DAMRI secara rutin melakukan desinfeksi seluruh armada bus sesuai dengan protokol kesehatan yang memberlakukan standar ketat dalam memberikan pelayanan terbaik yang mengutamakan prinsip 5K, yaitu Ketepatan, Keselamatan, Keamanan, Kenyamanan, dan Kesehatan.

Dengan pengemudi yang berpengalaman dan terampil dalam mengemudikan kendaraan, mempertegas konsistensi DAMRI yang juga telah dibuktikan dengan perolehan sertifikat ISO 45001:2018 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang telah disertifikasi oleh Badan Sertifikasi TUV Rheinland Indonesia. [Benny P Silalahi]

Pos terkait