Lurah se-Jaksel Ikuti Bimtek Tanda Tangan Elektronik

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Sebanyak 65 lurah se-Kota Administrasi Jakarta Selatan, mengikuti bimbingan teknis Tanda Tangan Elektronik (TTE) melalui virtual zoom meeting yang digelar Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melalui Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik bekerja sama dengan Bagian Tata Pemerintahan, Jumat (28/05).

Kepala Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Jakarta Selatan Sugiono mengatakan, bimtek ini dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan tingkat Provinsi DKI Jakarta, melalui Instruksi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 104 Tahun 2020 tentang Pengumpulan Data dan Dokumen Kelengkapan Sertifikat Elektronik Untuk Tanda Tangan Elektronik.

Bacaan Lainnya

“Landasan hukum berdasarkan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Pasal 12 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Tanda Tangan Elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas Informasi Elektronik yang dilekatkan, terasosiasi, atau terkait dengan Informasi Elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi,” Ujarnya.

Sugiono menuturkan, kekuatan dari tanda tangan elektronik secara lebih detail dijelaskan pada Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 Pasal 52 Ayat 2 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, yang menyatakan Tanda Tangan Elektronik dalam Transaksi Elektronik merupakan persetujuan Penanda Tangan atas Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik, yang ditandatangani dengan Tanda Tangan Elektronik tersebut.

Sedangkan untuk turunan melalui Permenkominfo Nomor 11 tahun 2018, dan di lingkungan Pemprov DKI Jakarta tertuang dalam Instruksi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 104 Tahun 2020 tentang Pengumpulan Data dan Dokumen Kelengkapan Sertifikat Elektronik Untuk Tanda Tangan Elektronik.

“Saat ini implementasi tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan sudah dilakukan pencapaian yang signifikan, baik untuk pimpinan tingkat kota sampai dengan kelurahan. Untuk tingkat kelurahan, saat ini dilaporkan 65 lurah sudah mempunyai Tanda Tangan Elektronik yang terintegrasi dengan aplikasi di PTSP,” Ucapnya.

Sugiono menambahkan, untuk layanan Helpdesk TTE, bisa melalui Sudin Kominfotik Jaksel dengan Seksi Sistem Informasi, Siber dan Sandi, atau melalui group WA JS Penerbitan TTE.

“Dengan adanya pelatihan Tanda Tangan Elektronik ini, diharapkan para aparatur di tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan, dapat mempercepat dalam pelayanan publik yang kini semakin tinggi dalam proses administrasi dan terdigitalisasi. Sesuai dengan era saat ini Transformasi Digital di lingkungan Pemprov DKI Jakarta,” Pungkasnya. [Kominfotik JS]

Pos terkait