Mahasiswa KKN Lakukan Gerakan Peduli dan Prioritaskan Program Menjadi Relawan Penanganan Covid-19

Foto Dok. Mahasiswa KKN Ilmu Hukum (STIH) Lubuk Sikaping bagikan sembako kepada masyarakat membutuhkan di Nagari Kapa.

Barometernews.id | Pasbar, – Selama kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Mahasiswa dari Perguruan tinggi Sekolah Ilmu Hukum (STIH) Lubuk Sikaping di Kabupaten Pasaman Barat juga ikut berperan aktif dalam memberikan edukasi dan himbauan kepada masyarakat agar tetap menerapkan Prokes Covid-19 sesuai anjuran dan arahan dari pemerintah.

Hal tersebut terungkap saat Mahasiswa KKN dari Perguruan Tinggi Sekolah Ilmu Hukum (STIH) bersama dosen Hukum, Fadhil Islamic dan Pemerintah Nagari Kapa Selasa (24/08) melakukan aksi peduli terhadap dampak perekonomian masyarakat dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 saat ini membagikan sembako kepada masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya

Kegiatan positif mahasiswa yang dilakukan di Nagari Kapa Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat dalam berbagi dengan masyarakat dilakukan dengan mendatangi langsung rumah masyarakat yang memang di anggap kurang mampu dan terdampak Covid-19.

Kegiatan sosial tersebut ternyata tidak hanya membuat masyarakat penerima merasa senang dan  terbantu, namun juga mendapat apresiasi yang tinggi dari Pj. Wali Nagari Kapa, Edi Hartono.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada adek-adek mahasiswa, jiwa sosial dan peduli antar sesama memang seharusnya ditumbuhkan dalam diri setiap manusia terlebih para mahasiswa selaku penerus, dan ujung tombak maju mundurnya sebuah daerah dan negara ini kedepannya,” Ujar Edi Hartono.

Edi menambahkan, bantuan yang diberikan para mahasiswa KKN tersebut, tentunya akan sangat membantu dalam mengurangi beban perekonomian yang dirasakan masyarakat dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

“Meskipun tidak seberapa, namun tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat, sebab nilainya dan kepedulian itulah yang bisa kita ambil sebagai hikmah yang berharga, yakni gagasan yang sangat luar biasa telah dilakukan oleh para mahasiswa KKN ini dalam berbagi dengan sesama,” Ujar Edi.

Sementara menurut Ketua Kelompok Mahasiswa KKN STIH Lubuk Sikaping daerah Nagari Kapa, Zulpahmi Arip menyampaikan, dalam kesempatan KKN di era Pandemik ini memang kegiatan sosial peduli yang kita akukan adalah bertujuan mengurangi beban masyarakat yang kurang mampu akibat terdampak Covid-19.

Zulpahmi Arip menjelaskan, adapun sumber dana untuk pembelian sembako tersebut berasal dari iuran anggota kelompok mahasiswa yang KKN di daerah itu, dari dana yang terkumpul itulah mereka akhirnya dapat membantu puluhan kepala keluarga yang membutuhkan.

“Puluhan Paket Sembako yang kita berikan kepada keluarga yang menerima ini, dananya bersumber dari hasil iuran kita para anggota kelompok mahasiswa yang KKN di Nagari Kapa ini,” Terang Zulpahmi.

Zulpahmi menambahkan, selama mengikuti kegiatan KKN di daerah Kapa ini, selain melaksanakan program dari Perguruannya, dan melakukan gerakan peduli, pihaknya juga memprioritaskan program untuk menjadi relawan penanganan Covid -19, seperti sosialisasi pentingnya penerapan Prokes di tengah masyarakat dalam memutus mata rantai penularan Covid-19. [Zoelnasti]

Pos terkait