Mahasiswa UIN Raden Patah Palembang KKN di Sinuruik

Dok. Foto bersama dengan Pj. Wali Nagari Sinuruik sebelum terjun ke masyarakat

Barometernews.id | Pasbar, – Sejak tanggal 16September 2021 yang lalu, terlihat kegiatan aktifitas sosial dan ke masyarakatan di Nagari Sinuruik begitu padat, sebab Nagari Sinuruik kedatangan Mahasiswa-mahasiswi dari UIN Raden Patah Palembang Sumatera Selatan dalam rangka melaksanakan KKN selama 35 hari di nagari Sinuruik.

Foto Dokumentasi

Kegiatan mahasiswa dari UIN Raden Patah Palembang ke Nagari Sinuruik Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat Sumbar ini menurut Pj. Wali Nagari Sinuruik, Faridh Muhammad Ali, S.STP.,M.M berlangsung selama 35 hari, yakni sejak Kamis 16 September 2021 lalu sampai 18 Oktober 2021 ke depan dan diikuti sebanyak 48 orang Mahasiswa.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Farid, kegiatan KKN tersebar di empat Kejorongan yang ada di Nagari Sinuruik, yakni Jorong Benteng, Jorong Kemakmuran dan Jorong Harapan serta Jorong Paraman.

PJ Wali Nagari Sinuruik, Faridh Muhammad Ali, S.STP.,M.M kepada Barometernews.id di ruangannya, Selasa (28/09) menyampaikan, saat perkenalan dan pertemuan pertama dengan mahasiswa dan mahasiswi UIN Raden Patah, pihaknya dan masyarakat Sinuruik langsung akrab dan atas nama masyarakat ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada UIN Palembang yang sudah mempercayai Nagari Sinuruik menjadi tujuan tempat kuliah kerja nyata para mahasiswanya.

Masyarakat Nagari Sinuruik antusias menerima kehadiran mereka, dan siap mendukung setiap program yang akan mereka laksanakan.

Foto Dokumentasi

Dikatakan Faridh, setelah ditinjau selama beberapa hari ini, ternyata para mahasiswa cepat berbaur dengan masyarakat, hingga KKN tersebut berjalan sesuai harapan, baik harapan dari pihak kampus sendiri maupun masyarakat Sinuruik.

“Sejauh ini terlihat memang para mahasiswa dalam melaksanakan program KKN untuk berbagi dan mengabdikan ilmunya di Nagari Sinuruik cepat beradaptasi, terutama mahasiswa mampu menyesuaikan program – program yang mereka bawa dari kampusnya untuk diterapkan dan disesuaikan dengan program program yang sudah direncanakan oleh pihak Nagari Sinuruik,” Jelas Pj. Wali.

Ditambahkan Faridh, terutama program rumah Tahfidz yang mereka laksanakan di masyarakat, ternyata program ini sangat sesuai selaras dengan program dan visi misi Bupati Pasaman Barat.

Pada pertemuan perkenalan di tanggal 16 September 2021 lalu yang berlangsung di Aula Nagari Sinuruik suasananya berjalan penuh kekeluargaan  dan tetap mengikuti prokes Covid-19.

Dikatakan Faridh, kegiatan saat itu, selain dihadiri oleh perangkat Nagari, juga hadir tokoh masyarakat dan pemuda setempat, termasuk  juga hadir Babhinkamtibmas Nagari Sinuruik, Aipda Sudyanto Siregar, SH.

Dan menurutnya, saat acara pertemuan tersebut Babhinkamtibmas Nagari Sinuruik, Aipda Sudyanto Siregar, SH juga berkesempatan memberikan arahan dan himbauan agar tetap memperhatikan dan mematuhi Prokes kesehatan tentang Covid, terutama saat melaksanakan KKN di Nagari Sinuruik agar tetap menjaga diri dan ikut menciptakan keamanan ketertiban di lingkungannya, dengan mengikuti budaya dan kearifan lokal setempat. [Zoelnasti]

Pos terkait