Majelis Musyawarah Pancasila Bersama Pemerintah Akan Buat Perda Kota Pancasila

Foto Dokumentasi
Barometernews.id | Jakarta, – Putaran ke dua Road Show Majelis Musyawarah Pancasila yang diselenggarakan di Kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat adalah usaha merajut dan mempererat tali persaudaraan selaku anak bangsa, Kamis (16/3).
Foto Dokumentasi

Selain sebagai ajang silaturahmi, dan saling belajar dalam menggali nilai-nilai Pancasila. Penyelenggara Road Show MMP ini juga untuk membangun gerakan Rakyat dalam membumikan nilai nilai Pancasila.

Sebagaimana yang disampaikan Bung Apek Saiman selaku pemandu Musyawarah dalam memberikan pengantar diskusi dengan tema “Wawasan Pancasila & Kontradiksi Realita” menyebutkan bahwa Road Show MMP adalah sarana kebersamaan yang dilakukan masyarakat bersama pemerintah dalam membangun nilai nilai Pancasila ditengah pragmatisme, individualisme dan kapitalisme tumbuh subur di Provinsi DKI Jakarta.

Bacaan Lainnya

MMP adalah gagasan bersama yang ingin di desain menjadi satu konsep pembangunan Pancasila di DKI Jakarta. Yaiytu dengan cara membentuk 10 orang sebagai komite pelaksana ditingkat kecamatan yang melakukan kerja kreatif dan berkesinambungan. Sehingga pertemuan lewat Road Show MMP yang akan dilakukan disetiap 44 kecamatan ini menjadi bagian dari legitimasi bahwa tanda kebangkitan Tahun Pancasila sudah diawali di DKI Jakarta.

Foto Dokumentasi

Rancang bangun dengan membentuk 10 orang selaku sebagai komite pelaksana MMP ditingkat kecamatan ini adalah bagian dari pelaksanaan sebagaimana hasil rapat dengan Sekko dan Kesbangpol DKI serta Kotamadya di Provinsi DKI Jakarta. Tentunya dengan terbentuknya 10 pengurus MMP di setiap kecamatan ini akan disusul dibuatkannya draf Pancasila sebagai landasan yang akan diajukan sebagai pergub atau perda Pancasila yang ada di Provinsi DKI Jakarta.

Perda Pancasila ini adalah bagian dari produk hukum yang dijadikan landasan dalam membumikan Pancasila disetiap lapisan masyarakat, pemerintahan dan sektor yang ada. Menjadi prodak otonom Provinsi DKI Jakarta dalam memerangi segala kesewenangan, ketidakadilan, diskriminasi dan melindungi segenap warga Jakarta serta memerangi semua yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

Dalam keterangan sebagaimana yang disampaikan Bung Apek Saiman, bahwa Road Show MMP yang akan diselenggarakan di 44 Kecamatan Prov DKI Jakarta ini adalah usaha untuk mengenal, menjaga dan merawat sekaligus menyusun konsep peraturan daerah tentang membangun kota Pancasila. Harapannya pembangunan peradaban Pancasila di DKI Jakarta kedepan bisa menjadi kota percontohan bagi kota-kota lainnya di Indonesia.

Meskipun menjadi kota metropolis, namun Ideologis dan nilai nilai Pancasila masih tumbuh subur disetiap tatanan yang ada, tegasnya. [AB/jbm]

Pos terkait