Mapolres, BPBD dan Para Stakeholders di Pidie Jaya Gelar Apel Siaga Gabungan Peralatan dan Personil Penanggulangan Bencana

Istimewa/Sym

Barometernews.id | Pidie Jaya, – Dalam rangka menghadapi situasi terjadinya bencana alam, Mapolres Pidie Jaya bekerjasama dengan BPBD Pidie Jaya melaksanakan Apel Siaga Gabungan Peralatan dan Personil Penanggulangan Bencana yang dilaksanakan di Lahan Persiapan Persiapan Pembangunan Mako Polres Pidie Jaya di Trienggadeng, Rabu (4/03).

Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas dalam amanatnya menyampaikan bahwa bencana bisa datang tiba-tiba, bencana hidup berdampingan dengan kita sehingga harus dikelola dengan baik. Apel siaga ini untuk mengingatkan kita pentingnya siaga bencana, khususnya bencana banjir dan kebakaran baik rumah warga dan lahan yang masih sering terjadi di Pidie Jaya.

Pelaksanaan apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan perlengkapan. Upaya antisipasi harus tetap kita laksanakan sedini mungkin, maka dari itu untuk mengantisipasi potensi bencana alam kekuatan yang ada di Polres hingga Polsek telah disiapkan.

Melihat perkembangan situasi nasional saat ini, banyak terjadi bencana alam yang menjadi perhatian-publik akibat dampak perubahan cuaca yang menimbulkan permasalahan seperti masyarakat untuk mengungsi, adanya korban jiwa, serta rusaknya fasilitas publik atau rumah warga untuk mewaspadai segala bentuk bencana alam, terutama banjir, kebakaran  dan angin putting beliung.

“Kita memerlukan langkah-langkah proaktif untuk membantu masyarakat yang terkena bencana, sebagaimana tugas polri melindungi keselamatan jiwa raga, harta benda, masyarakat dan lingkungan hidup dengan dilakukannya siaga khusus bencana tersebut,

diharapkan seluruh personel yang didukung peralatan penanggulangan bencana lebih siap mengantisipasi dampak dari bencana serta dapat mengurangi risiko bencana dan meringankan beban masyakat jika musibah,” Kata Kapolres Pidie Jaya, Musbagh Ni’am dalam sambutannya.

Ada beberapa yang harus diperhatikan, dalam menghadapi bencana antara lain kesiapan mental dan
fisik, displin kerja, pelayanan yang optimal, koordinasi yang baik, serta bertanggungjawab.

Istimewa/Sym

Hadir dalam apel siaga itu Unsur Polres Pidie Jaya, Para Kapolsek, Danramil dan jajarannya, Kodim 0102 Pidie Jaya, Para Camat, BPBD, Dishub, Satpol PP/WH, F-PRB, PMI, RAPI, Pramuka dan Mitra serta relawan kemanusiaan dan kebencanaan lainnya.

Kapolres meminta kepada seluruh personel yang terlibat dalam apel siaga ini untuk mempersiapkan diri dan peralatan secara maksimal, sehingga sewaktu- waktu siap turun ke lokasi bencana membantu masyarakat.

“Kita harus yakin bahwa dengan niat yang tulus, tentunya akan bernilai ibadah disisi tuhan yang maha kuasa, semoga allah swt senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan dan keselamatan kepada kita, dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara, dalam bingkai persatuan dan kedamaian,” tutup Kapolres. (Red/TS/Sym)

Pos terkait