Milad IAIN Langsa ke-42, KOPAZKA Gelar Doa Bersama

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Kota Langsa, – Pengurus Pusat Korps Alumni Zawiyah Cot Kala Langsa (PP-KOPAZKA) IAIN Langsa menggelar ‘Refleksi 42 tahun dan Doa Bersama’ di Rangkang Kupi Langsa, Jumat (14/10).

Foto Dokumentasi

Hadir Warek II IAIN Langsa, Assoc. Prof. Dr. Mohd.Nasir, MA, Ketua Umum KOPAZKA, Muhammad Mundzir, M.Ag, Sekretaris Umum, Bahagia Noerda, S.Pd.I, Mantan Ketua Umum KOPAZKA periode 2012-2015 yang juga Wakil Dekan III, Assoc. Prof. Dr. Amiruddin Yahya Azzawiy, MA, Mantan Ketua KOPAZKA Langsa periode 2016-2020, Bahtiar Husin, MA, Ketua Presma IAIN Langsa dan Ketua BEM 4 Faktultas IAIN Langsa, Ketua SEMMI Langsa, Wahyu.

Bacaan Lainnya

Ketua Umum KOPAZKA, Muhammad Mundzir, M. Ag, hari ini IAIN Langsa genap berusia 42 tahun, dimana kehadiran IAIN sebagai institusi pendidikan memiliki peran yang sangat penting bagi kemajuan pendidikan di pantai timur Aceh dan Aceh Timur Raya.

Apalagi, dalam catatan sejarah cikal bakal Institut Agama Islam Negeri Langsa (dahulu bernama IAI Zawiyah Cot Kala Langsa) didirikan pada tahun 1980 adalah hasil keputusan Seminar Sejarah Islam di Rantau, Aceh Tamiang (dahulu dalam wilayah Aceh Timur).

Menurutnya, nama Zawiyah Cot Kala tersebut diambil dari nama lembaga pendidikan tinggi yang terbesar dan tertua di Asia Tenggara yang terletak di Bayeun, Aceh Timur abad ke–4 Hijriyah.

“Pada tahap awal pendirian, Institut Agama Islam Zawiyah Cot Kala Langsa memiliki tiga fakultas yaitu Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah, dan Fakultas Dakwah,” sebutnya.

Kegiatan ini sengaja dipusatkan disini untuk melakukan refleksi dan doa bersama, dimana KOPAZKA ingin mengangkat kembali jasa-jasa para pendahulu ketika berinisiasi bersama-sama membuat kampus IAIN Langsa.

Tentunya, sebagai kampus negeri di Pantai Timur Aceh, dalam proses dari tahun ke tahun, lembaga pendidikan ini menunjukkan perkembangan dan peningkatan, baik dari sisi akademik, tenaga pengajar, maupun infrastruktur pendukung lainnya.

Untuk itu, terang Mudir MUQ Langsa ini, KOPAZKA IAIN Langsa mendukung langkah IAIN menjadi status Universitas Islam Negeri (UIN) Langsa.

“Guna mewujudkan pendidikan tinggi yang unggul, maka transformasi lembaga dari IAIN Langsa menuju UIN mendapatkan dukungan semua pihak,” kata Mundzir.

“UIN menyajikan integrasi keilmuan, nah ini menjadi nilai plus bagi anak-anak kita nantinya ke depan, karena ada nilai keagamaannya, kami KOPAZKA sangat mendukung IAIN Langsa menjadi UIN Zawiyah Cot Kala Langsa, mudah-mudahan cepat terealisasi,” tandasnya. [Janu/jbm]

Pos terkait