MRPB Peduli di Tengah Badai Covid-19 Tetap Berkolaboraksi

Dok/Zoelnasti

Barometernews.id | Pasbar, – Kolaboraksi Kemanusiaan Pasaman Barat dalam menghadapi Covid 19 kembali menyalurkan beberapa bantuan kemanusiaan khususnya terkait memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di beberapa titik terdampak.

Dengan kondisi semakin merebaknya pandemi Covid-19 di berbagai wilayah di belahan dunia menjadikan pandemi musuh bersama untuk dicegah dan memutus mata rantai penyebarannya.

Hal inilah yang menjadi acuan bagi MRPB Peduli Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) untuk melaksanakan beberapa kegiatan berupa pemberian bantuan berupa kepedulian sebagai usaha menghadapi mencegah proses penyebaran pandemi Covid-19 tersebut di wilayah Bumi Mekar Tuah Basamo.

“kita dari kolaborAksi akan berupaya menyediakan ribuan masker yang akan kita bagikan kepada warga dan perangkat Nagari,

kita juga berharap dukungan dan kerjasama semua pihak agar apa yang kita rencanakan ini dapat berjalan dengan lancar, dan semoga bencana covid 19 ini segera berakhir.” terang Decky H.Sahputra salah satu pengurus teras MRPB Peduli Kemanusiaan kepada Insan Pers PerkumpulAn Jurnalis Online (AJO) Pasbar Sabtu,(18/04/2020)

Menurut Decky, Kabid Kedaruratan BPBD Pasbar, dan juga aktivis di beberapa Relawan peduli kemanusiaan Pasbar ini, pihaknya dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19),

Kolaborasi Aksi Kemanusiaan Pasaman Barat (Pasbar) akan terus peduli untuk kembali menyalurkan beberapa bantuan ataupun Alat Pelindung Diri seperti pembagian masker untuk masyarakat dan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum.

Dikatakannya pembagian masker untuk sebagian warga sudah dan sedang dilaksanakan dibeberapa nagari seperti Kenagarian Air Bangis kecamatan Sungai Beremas sudah dilakukan oleh relawan MRPB
Sebelumnya, MRPB Peduli juga telah menyalurkan masker buatan mereka kepada Petugas Posko Covid-19 di Perbatasan Pasbar.

Demikian Juga mereka telah melakukan kegiatan serupa yang dilaksanakan dengan membagi masker untuk para pedagang di Pasar baru Sianok Kenagarian Sinuruik, Kecamatan Talamau, kegiatan ini juga dilaksanakan oleh relawan MRPB Peduli yang bekerja sama dengan anggota Koramil Talu.

Aktivis Relawan MRPB, Decky H Saputra menambahkan, kegiatan tersebut dalam rangka kepedulian terhadap pencegahan dan memutus mata rantai virus covid 19.
Dikatakannya bahwa semua kegiatan ini dapat dilakukan berkat adanya kerja sama dan tak lepas dari peran para dermawan yang mendukung aksi kemanusiaan peduli Pasbar.

“Kami segenap Relawan KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat mengucapkan terimakasih kepada Donatur yg telah menyumbangkan sebagian hartanya untuk membantu sesama, khususnya program saat ini yakni pencegahan pandemi yang sedang berlangsung, hingga dampaknya kondisi ekonomi masyarakatpun ikut terpuruk hingga kehidupan semakin sulit, “kata Decky.

Selanjutnya ia menyampaikan pada para dermawan yang ingin ikut berkontribusi dalam gerakan sosial Peduli kemanusiaan ini,untuk dapat menyalurkan infaqnya melalui rekening MRPB PEDULI di BRI Cab. Pasaman Barat, no. rekening 0615-01-008410-53-1.

“sebab dengan keterpaduan dalam #BersamaKitaBisa #BerbagiTakPernahRugi #KolaborAksi_Kemanusiaan_Pasaman_Barat #MRPB_PEDULI #Majelis_Mujahidin #Laskar_Mujahidin #World_Human_Care (WHC) #PPS_Bundo_Kanduang #Yayasan_ Ummahat_Inayah #Solidaritas_Peduli_Sesama #Generasi_Air_Bangis_Berbagi #Talamau_ Peduli #Pandah_ArtGreen #Yayasan_Gerakan_Bunda_Berbagi #Parak_School #LDK_AlUkhuwah_STAI_Yaptip #KP_Kinali_Peduli#Anak_Maligi_Peduli Insyahallah paling tidak kita kita dapat mengurangi atau sedikit

meringankan warga di nagari se-Pasbar, hingga jaga-jaga kemungkinan untuk memutus mata rantai covid 19 ini dari lingkungan kita dapat teratasi ” terang Decky.

Ditambahkannya bahwa kegiatan rutinitas KolaborAksi Kemanusiaan Pasamam Barat walaupun dalam suasana Covid 19 melanda, namun pendampingan terhadap warga dhuafa yang membutuhkan bantuan selama ini tetap berlangsung, penyaluran dana pendampingan kepada beberapa warga dhuafa Pasaman Barat yang sedang menjalani proses pengobatan baik yang sedang di Padang dan di Pasaman Barat secara berkala tetap kita lakukan.

“Alhamdulillah malam ini KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat telah mengirim uang pendamping kepada warga-warga dhuafa yang sedang menjalani pengobatan di Jakarta, Padang dan Pasaman Barat sebesar Rp2.410.000. Adapun data-data pasien dhuafa tersebut yakni,
1. Suci Warga dhuafa asal ujunggading penderita jantung bocor yg dirawat di jakarta Rp500.000
2. Hilman saleh Warga dhuafa penderita ginjal, saat ini rawat jalan Rp.360.000
3.Julfahri Warga dhuafa asal air bangis penderita kulit melepuh dirawat di M.Jamil Padang Rp250.000
4. Munawaroh Warga dhuafa asal ujunggading pederita tumor dirawat di M.Jamil Padang Rp250.000
5. Kasmina Warga dhuafa asal simpang gadang,sungai aur penderita kanker dirawat di M.Jamil Padang Rp.300.000
6.Novia Warga dhuafa asal talamau penderita kanker payudara dirawat di M.Jamil Padang Rp.500.000
7.Bayi Nofisa Warga dhuafa asal koto baru luhak nanduo penderita pendarahan pada otak sejak lahir Rp.250.000” terang Decky.

Diakhir pembicaraan Decky mengajak Masyarakat agar tetap menjaga kebersihan, selalu cuci tangan dan jaga jarak, serta di rumah saja, jangan bepergian kalau tidak ada kepentingan yang pasti, mari kita dengar imbauan pengumuman hanya sumber yang resmi dari Gugus Satuan Tugas Pencegahan Covid 19 atau dari Pemerintah.

“abaikan isu atau hoax yang dapat meresahkan masyarakat, apalagi dari sumber yang tak jelas,” pesan Decky H Sahputra

(Zoelnasti)

Pos terkait