Mudahkan Informasi Gempa Bumi, BMKG Hadirkan Aplikasi WRS-BMKG

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meluncurkan sistem peringatan dini gempa bumi, melalui aplikasi yang bisa digunakan di handphone atau android secara mudah.

Aplikasi tersebut adalah Warning Receiver System BMKG (WRS-BMKG), yang dapat di download menjadi salah satu informasi sebagai mitigasi bila terjadi bencana gempa dan tsunami, yang ada di seluruh wilayah Indonesia secara umum atau Kabupaten Kepulauan Seribu secara khusus.

Bacaan Lainnya

Menurut Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami, Daryono, masyarakat bisa mendapat informasi terkait antisipasi dampak aktivitas Gunung Anak Krakatau, yang berdekatan dengan wilayah Kepulauan Seribu melalui aplikasi WRS-BMKG.

“Masyarakat bisa menggunakan aplikasi WRS-BMKG, dan bisa mendapatkan informasi langkah-langkah penyelamatan dari gempa bumi hingga potensi terjadinya tsunami. Dan juga bisa mengakses aplikasi InfoBMKG,” Kata Daryono, Rabu (16/02).

Daryono menjelaskan, selain menggunakan aplikasi tersebut untuk mendapatkan informasi peringatan dini terkait gempa, diharapkan pemerintah daerah juga melakukan beberapa langkah seperti membuat hutan pantai (coastal fores), mengadopsi bangunan pantai ramah tsunami, penataan ruang berbasis risiko tsunami (peta modeling landaan tsunami), memberi jalur evakuasi, membangun tempat evakuasi sementara serta berlatih evakuasi tsunami secara berkala.

“Harapannya ketika ada peringatan dini tsunami dari BMKG, masyarakat bisa lebih siap menganstisipasinya,” Pungkasnya. [Kominfotik1000]

Pos terkait