Museum Syafi’i Ma’arif Diresmikan

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Sijunjung, – Museum rumah kecil Buya Syafii Maarif yang terletak di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat diresmikan, Senin (19/9). Syafii Maarif adalah tokoh Muhammadiyah yang wafat pada Mei 2022 dan diusulkan agar bisa menjadi Pahlawan Nasional.

Museum itu merupakan rumah keluarga orangtua laki-laki dari Ahmad Syafii Maarif di Pasar Rakyat Jorong Calau, Nagari Sumpur Kudus Selatan, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung. Peresmian museum dirintis Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dan didukung Pemerintah Kabupaten Sijunjung.

“Rumah ini adalah rumah Bako atau keluarga besar ayah dari Buya Syafii, sejak umur 18 bulan ia pindah ke rumah ini karena ibunya wafat saat itu, artinya dari kecil Buya sudah menempati rumah ini hingga merantau ke Jawa,” kata seorang kerabat Buya Syafii, Yusriati (62) di Sijunjung.

Ia mengatakan Syafii Maarif dikenal hidup sederhana dan berwawasan luas sejak kecil, Buya juga selalu menginap di rumah berstruktur bangunan lama berbahan kayu yang dibangun pada 1925 itu setiap pulang ke kampung halamannya yang jauh dari perkotaan itu.

“Listrik penerangan di kampung ini baru teraliri pada 2004, jalan diperbaiki, mesjid dibangun, semua itu perjuangan Buya, beliau banyak berjasa,” kata dia.

Rumah sederhana itu menyimpan dokumentasi dan barang-barang peninggalan Syafii Maarif sejak kecil dan masih tertata dengan rapi, bangunan itu juga belum pernah dipugar.

Rektor UM Sumbar Riki Saputra saat meninjau langsung peresmian Rumah Museum Buya Syafii Maarif mengatakan, akademisi UM Sumbar siap bersama masyarakat dan pemerintah untuk melanjutkan pembangunan museum dan proses pengusulannya sebagai Pahlawan Nasional.

“Sosok Buya tidak saja sebagai Tokoh Muhammadiyah, beliau tidak saja milik Sijunjung, ia guru bangsa dan cendekiawan dunia dan pantas diusung menjadi Pahlawan Nasional sebagaimana pengabdian beliau untuk Sumbar dan indonesia selama hidupnya,” kata Riki.

Ia bersama Civitas UM Sumbar akan melakukan langkah nyata untuk menjadikan Syafii Maarif sebagai Pahlawan Nasional yang kini dimulai dengan peresmian Museum Rumah Kecil Buya Syafii. [gmz/jbm]

Pos terkait