Nahkodai Desa Kuta Jeumpa, Keuchik Rafur: ‘Berlayar Kembali dengan Kepercayaan’

Foto Dok. Keuchik Abdurrafur dan Mukim Kemukiman Kuta Jeumpa Adam Has, menyalami para Muspika Kecamatan Jeumpa

Barometernews.id | Abdya, – Kepala Desa Kuta Jeumpa Kecamatan Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya, Abdurrafur kembali dipercaya menahkodai pucuk pimpinan Desa tersebut, berdasarkan surat keputusan (SK) sebelumnya, masa jabatan Abdurrafur yang telah berakhir pada tanggal 29 September 2021 lalu, diperpanjang lagi untuk periode satu (1) tahun kedepan.

Abdurrafur yang dilantik pada hari ini, Jum’at, 1 Oktober 2021, merupakan Kepala Desa sementara atau Pejabat Sementara (PJS) yang di SK kan oleh Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH, berdasarkan surat keputusan Bupati Abdya Nomor 590 tahun 2021 tanggal keputusan 27 Agustus 2021. Jabatan tersebut berlaku selama 1 tahun periode 2021-2022.

Bacaan Lainnya

Selain Keuchik Abdurrafur, Adam Has selaku Imum Mukim Kemukiman Kuta Jeumpa juga dilantik bersamaan, Adam Has sebelumnya mwlerupakan pemangku jabatan Mukim tahun 2020-2021 di Kecamatan Jeumpa, saat ini keduanya dikukuhkan kembali bersamaan, bahkan pelantikan bersama menjadi ketiga kalinya sejak tahun 2019.

Kuta Jeumpa merupakan salah satu dari 12 Desa dalam Kecamatan Jeumpa yang saat ini seluruhnya dipimpin oleh Pejabat Keuchik PJ, dikarenakan tahun 2019 Keuchik Kuta Jeumpa definitif yang mundur saat pilleg harus meletakkan jabatannya ditengah jalan, sehingga Desa Kuta Jeumpa memiliki kepala desa sementara (PJ) pertama saat itu, selain 4 Desa yang kebetulan mekar dari desa induk memiliki kuchik PJ terlebih dahulu jelang definitif.

Pelantikan Kepala Desa Kuta Jeumpa dan Mukim Kemukiman Kuta Jeumpa berlangsung khidmat di Aula serba guna kantor Camat Kecamatan Jeumpa, selain para Kepala Desa dan Muspika Jeumpa, para tamu dan tokoh masyarakat turut menghadiri menyaksikan pelantikan Keuchik di Kecamatan tersebut.

Camat Kecamatan Jeumpa H.T Nasrul, S.K.M dalam amanahnya, mengajak kepada Imum mukim dan Keuchik yang dilantik agar dapat meningkatkan kinerja mereka dalam mengemban amanah, dihadapan Muspika dan para tamu yang hadir, Nasrul mengharapkan agar selalu berupaya memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dalam hal pentingnya vaksinasi / cacar.

“Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, hal demikian perlu kita tempuh supaya dapat mencegah keberadaan virus corona, dimana virus corona merupakan wabah dunia yang saat ini melanda Negara kita,” Tegas Nasrul dibarengi tepuk tangan hadirin.

Kepada awak media Keuchik Rafur menyampaikan jabatan bukanlah suatu ukuran dalam bermasyarakat, menurut Rafur amanah keuchik tidak bisa dipikul sembarangan tanpa didahului sebuah kepercayaan dari atasan.

“Ini yang ketiga kali dalam dua tahun terakhir, saya ditunjuk kembali untuk menahkodai Desa Kuta Jeumpa, InshaAllah saya akan berlayar kembali dengan kepercayaan ini,” Tutupnya. [RFS]

Pos terkait