Nakes di Jaksel Jalani Vaksinasi COVID-19

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Tenaga kesehatan (Nakes) di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) menjalani vaksinasi COVID-19 di Poltekkes Kementerian Kesehatan Jakarta 1, Minggu (31/01). Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Isnawa Adji turun langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Dalam monitoring ini, Isnawa melihat alur vaksinasi mulai dari pendaftaran hingga pemberian vaksin. Sejumlah pertanyaan juga dilontarkan ke calon penerima vaksin guna meyakinkan tenaga kesehatan.

Bacaan Lainnya

“Tadi saya mendengar langsung pertanyaan apakah pernah terkena covid atau tidak. Terakhir saya melihat langsung nakes yang disuntik dan mendapatkan sertifikat,” Ujar Isnawa.

Isnawa menuturkan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian program Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, untuk memberikan perlindungan ke tenaga kesehatan. “Nakes merupakan garda terdepan penanganan COVID-19 di Jakarta Selatan. Makin banyak vaksinasi akan mengurangi penyebaran COVID-19,” Ucapnya.

Di kesempatan itu, Plt Kabadan PPSDM Kesehatan Kemenkes RI Kirana Pritasari, mengungkapkan alasan tenaga kesehatan terlebih dahulu divaksinasi.

“SDM (Sumber Saya Manusia) kesehatan memiliki resiko tertinggi terpapar covid. Mereka banyak memberikan pelayanan ke pasien atau ke non pasien. Sehingga mereka beresiko menularkan penyakit dan harus dilindungi terlebih dahulu. Mereka ini nantinya akan memvaksinasi masyarakat, makanya mereka harus terlebih dahulu di vaksinasi,” Ungkapnya.

Secara nasional, target 1,4 juta tenaga kesehatan yang akan divaksinasi. Giat itu sudah dimulai setelah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo divaksin pada 13 Januari 2021 lalu dan diharapkan bisa selesai di minggu ke-3 Februari.

Sementara itu Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Moh Helmy menuturkan sebanyak 15 ribu nakes di Jakarta Selatan sudah divaksinasi. “Artinya sudah 63% nakes mendapatkan vaksin dari 24 ribu sasaran,” Tandasnya. [Kominfotik JS]

Pos terkait