Nilai Waktu (Time Value)

Foto Dokumentasi

Oleh: Basuki Ranto

Waktu akan mengantar kita kepada perubahan pergerakan dari detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, windu, dasa warsa, abad hingga berabad-abad semua ditentukan oleh waktu dan setiap pergerakan waktu ada nilainya.

Bacaan Lainnya

Pergerakan waktu akan merubah dari fajar menjadi pagi, kemudian menjadi siang, lalu bergerak menjadi sore, senja, petang dan malam yang terus bergerak menjadi dini hari serta berubah ke hari berikutnya.

Setiap pergerakan waktu ada nilai yang perlu dimanfaatkan pada setiap waktu yang berbeda, oleh karena itu diperlukan pengelolaan waktu dengan baik agar bisa mendapat nilai yang maksimal karena waktu.

Manajemen Waktu

Waktu diperlukan pengelolaan dengan baik karena didalamnya ada nilai. Waktu memiliki peluang yang harus dimanfaatkan dengan baik agar nilai yang ada didalamnya bisa digapai.

Kita sering mendengar dalam keseharian terutama dalam bisnis “Waktu adalah uang (time is money)”. Hal ini mengandung maksud bahwa setiap waktu ada peluang berupa nilai apapun bentuknya. Ketika peluang tersebut tidak termanfaatkan karena tidak disiplin dalam waktu, maka akan hilanglah peluang tersebut dan akan dimanfaatkan oleh orang lain yang pandai mengelola waktu. Ingat bahwa ada peringatan yang perlu disikapi adalah “tidak ada kesempatan berulang dua kali”, artinya tidak akan peluang tersebut balik lagi ketika sudah lewat dan hilang, yang ada adalah peluang baru pada waktu berikutnya dengan nilai yang berbeda.

Dalam keuangan kita juga perlu memahami bahwa nilai uang akan berubah karena waktu, sehingga diperlukan pengelolaan uang karena  waktu (value of money). Perubahan nilai uang tersebut bukan semata karena waktu tetapi juga diikuti perobahan ekonomi lainnya. Nilai uang satu juta sekarang akan berbeda nilai dengan beberapa tahun mendatang (future value). Beberapa fakta menunjukkan uang Sepuluh ribu beberapa waktu sebelumnya masih mendapat satu bungkus nasi plus ayam di warung padang, akan tetapi untuk mendapat satu bungkus yang sama sekarang diperlukan sedikitnya dua puluh lima ribu rupiah. Apalagi hal-hal yang menyangkut investasi dan lain sebagainya yang bernilai tinggi diperlukan time value of money.

Untuk dapat mengatur waktu dengan baik maka dalam keseharian kita buat agenda kegiatan dalam bentuk catatan harian dengan menggunakan buku agenda kecil yang senantiasa kita bawa, namun sekarang diera digital sudah ada fasilitas khusus untuk kegiatan harian yang lengkap dengan hari, tanggal, jam, menit, jenis kegiatan, ketemu dengan siapa, dimana, melibatkan pihak siapa dan informasi lainnya yang cukup lengkap. Bayangkan ketika ini sebuah agenda yang bernilai besar misalnya pertemuan untuk sebuah nego pekerjaan dengan nilai ratusan milyar, sementara kita tidak menghargai nilai waktu dengan baik dengan datang tidak tepat waktu maka hilanglah peluang tersebut plus hilangnya kepercayaan dari mitra bisnis, dan perlu diingat bahwa peluang tidak akan datang untuk kedua kali.

Dalam konsep sederhana mengelola waktu bisa dilakukan dengan menggunakan prinsip “TIME” yang bisa disikapi melalui; Pertama T (Time table) yakni membuat jadwal waktu kegiatan yang akan dilakukan disertai target yang harus dicapai; Kedua I(Integrasi) yakni menyelaraskan berbagai peran dan fungsi dalam suatu titik sasaran keberhasilan; selanjutnya Ketiga adalah M (Methode) yaitu cara yang terkait dengan sistem dan tehnologi yang digunakan berikut strategi yang dilakukan untuk mengeksekusi agenda kegiatan yang sudah ditetapkan dan yang terakhir Keempat adalah E (Expirience) yakni pengalaman yang merupakan best practices dalam cerita keberhasilan untuk beberapa waktu sebelumnya. Pengalaman merupakan guru yang sangat berharga tanpa bermaksud mengesampingkan pengetahuan (knowledge).

Menghargai Waktu dalam Islam

Menghargai waktu menjadi sangat  penting karena didalam waktu ada nilai. pemanfaatan waktu merupakan salah satu perkara yang akan dipertanggungjawabkan kelak.

Waktu adalah ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang dihadiahkan kepada manusia untuk dipakai dengan baik dan mulia.

Waktu begitu penting sehingga Allah Subhanahu Wa Ta’ala berFirman atas nama ciptaanNya yang bernama Waktu. Diantaranya :

▪️Waktu Fajar (Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam QS. Al-Fajr : 1-4)

▪️Waktu Subuh (QS At-Takwir 18 dan Al-Mudatsir 34)

▪️Waktu Dhuha (QS. Ad-Dhuha 1)

▪️Waktu Siang (QS. Asy-Syams 3 dan Al-Lail : 2)

▪️Waktu Ashr (QS. Al-Ashr : 1)

▪️Waktu Malam (QS. Al-Lail 1-2, Al-Insyiqaq 17 dan Al-Mudatsir 33-34)

▪️Waktu Kiamat (QS. Al-Qiyamah : 1-2)

Setiap waktu memiliki nilai yang berbeda-beda, ketika waktu fajar memiliki nilai ibadah yang tinggi manakala mau memanfaatkan dengan baik diantaranya melakukan sholat fajar yang nilai ibadahnya sama dengan dunia seisinya kemudian sholat Isro’ pada waktu syuruq yang nilai pahalanya sama dengan ibadah haji dan umroh.

Waktu subuh memiliki nilai yang tinggi diantaranya barang siapa melaksanakan sholat subuh pahalanya 27 derajad dan sebagai pembuka rezeki. Waktu malam digunakan untuk qiyamulail diantaranya sholat tahajud sebagai ibadah tambahan yang akan meninggikan derajad – kedudukan yang baik, dijauhkan dari marabahaya dan tempat curhat, mengadu dan memohon.

Sementara waktu dhuha memiliki nilai ibadah yang lain yakni melakukan sholat dhuha yang nilainya akan memudahkan mendapat rezeki. Bisa memohon jika rezeki masih dilangit diturunkan, bila masih dibumi dikeluarkan, jika masih jauh didekatkan, jika masih sedikit dibanyakkan, jika haram dihalalkan.

Pada waktu Ashar merupakan demi masa, sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi kecuali yang beriman dan melakukan kebajikan serta saling menasehati dalam kebenaran.

Waktu akhir adalah Hari Kiamat dimana waktu tersebut merupakan waktu mempertanggung jawaban apa yang dilakukan oleh manusia . Semua akan dihisab untuk menentukan tempat akhir apakah termasuk fa-ash-haabul -maymanati (golongan kanan), alangkah bahagia golongan kanan yang tempatnya di Syurga atau termasuk golongan Wa-ash-habul-masy-amati (golongan kiri) , alangkah sengsaranya golongan kiri yang tempat di Neraka.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah berfirman dengan sesuatu, maka Firman itu dimaksudkan untuk menarik perhatian bagi makhluk-Nya dan mengingatkan mereka akan keagungan dan arti yang besar dalam sesuatu yang Allah jadikan Firman tersebut.

Sudah sepatutnya kita menaruh perhatian akan waktu. Bahkan di Hari Perhitungan nanti salah satu yang akan dihisab oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah waktu.”

Hidup ini adalah anugerah, waktu adalah kesempatan yang memiliki nilai, manfaatkan dengan sebaik-baiknya yang bernilai ibadah. Berbuat baik dan bermanfaat bagi orang lain. []

Pos terkait