Obyek Wisata Maligi, Ikon Terbaru Pariwisata Sumatra Barat

Foto Dok. Wartawan Barometernews.id saat konfirmasi dengan Ka Dispar Pasbar

Barometernews.id | Pasbar, – Obyek Wisata Maligi, Ikon Terbaru Pariwisata Sumatra Barat pada Pebruari 2022 mendatang akan menjadi salah satu agenda atau titik kunjungan tentative Itinerary RAKORPAR yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pasbar pada 10 – 12 Februari 2022 mendatang.

Foto Dok. Ka Dispar saat menghadiri diskusi dengan penggiat wisata Pasbar

Adapun tanggal jadwal kegiatan mengunjungi  titik destinasi objek wisata Maligi tersebut menurut Decky kepada Barometernews.id, Sabtu (22/01/2022) di Simpang Empat menyampaikan sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan yakni, pada hari ke dua Jumat, 11 Feb 2022.

Bacaan Lainnya

“Tepatnya setelah pukul 08.00 – 10.00 Breakfast dan check out hotel kita bersama rombongan akan langsung menuju Maligi di mana masing-masing kabupaten akan kita siapkan 1 unit kendaraan offroad,” Terang Decky.

Decky menerangkan, alasan mengapa Maligi menjadi salah satu destinasi objek kunjungan di hari kedua saat pelaksanaan Rakor Dispar se- Sumbar tersebut, sebab jauh sebelumnya, ia dan kawan – kawan sesama penggiat Wisata telah mempersiapkan Pandah ArGreen Maligi yang berlokasi di Soak Sasak Ranah Pasisie Pasbar, sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Pasbar.

Foto Dok. Asosiasion Experincial Learning Indonesian (AELI) sedang berdiskusi dengan warga Maligi

Menurutnya, jauh sebelum ia menjadi Kepala Dinas Pariwisata Pasbar, ia sebagai ketua Kolaboraksi Kemanusiaan Pasaman Barat (KKPB) dan juga menaungi beberapa organisasi penggiat dan pelaku wisata.

Decky sebagai pelaku dan penggiat wisata bersama kawan-kawan pada Kamis, 16 Juli 2020 dua tahun silam telah bergerak mempersiapkan Maligi melalui Pandah ArGreen Maligi.

Pihaknya, Kolaboraksi Kemanusiaan Pasaman Barat (KKPB) yang dikomandoi oleh Decky H. Sahputra dan Ketua MRPB Peduli, Mon Eferi, Kamis (16/07/2022) telah mengundang dan sekaligus mendampingi DPD Asosiasion Experincial Learning Indonesian (AELI) Sumbar dan Arsaloka tour penggiat Wisata Solusi untuk meninjau Pandah ArGreen Maligi yang berlokasi di Soak Sasak Ranah Pasisie Pasbar.

Saat itu pihaknya, selain mendatangkan Ketua DPD AELI, Dede Hakim, dan penggiat tour Wisata Solusi, seperti Irish Samin serta Erick Smile, juga terlihat sosok Eko Darmawan dari salah satu pelaku dan penggiat wisata Pasbar saat itu dalam rombongan.

Foto Dok. Kepala Dispar Pasbar, Decky H. Sahputra bersama Ayahandanya, Drs. H. Baharuddin R, MM.

Kehadiran Eko yang selama ini berperan sebagai pelopor dalam eksplorasi wisata Maligi, memang memilki peran bagaimana menggenjot Maligi dengan serius ke berbagai kalangan, agar menjadi sektor Pariwisata Pantai Indah Maligi ini menjadi ikon Ekowisata di Pasbar.

Diterangkan Decky, saat itu mulailah Eko dan kawan-kawan sebagai komunitas pegiat wisata Pantai Indah Maligi melakukan pengelolaan objek wisata yang berwawasan lingkungan dengan nama Pandah Art Green.

Menurut Decky, pihaknya dan kawan-kawan pelaku dan penggiat wisata di Pasbar selama ini, dalam pengelolaan destinasi titik – titik destinasi wisata juga mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan dengan tetap menciptakan lingkungan bersih.

Decky H Sahputra sebagai Pembina komunitas Pandah Art and Green Maligi, juga pelaku dan penggiat wisata, saat ini juga mendapat amanah sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasbar mengatakan, pihaknya hingga kini tetap komit untuk selalu aktif memperkenalkan Maligi dan objek wisata Pasbar lainnya ke dunia luar dengan tetap mempertahankan keasrian nya.

“Kita terus bergerak bagaimana menjadikan Pasbar sebagai objek wisata unggulan bukan saja di Sumbar tapi siap untuk go internasional,” Tutupnya. [Zoelnasti]

Pos terkait