Panen Melon Golden Alisha di Rusun Nagrak Cilincing

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Keberadaan tanaman melon varian Golden Alisha semakin melengkapi aneka jenis tanaman yang ada di Taman Tower 4 Rusun Nagrak RW 11, Kelurahan Cilincing, Kecamatan Cilincing. Disediakan 40 polybag dengan kayu penyangga yang berfungsi sebagai media tanam benih melon Golden Alisha. Untuk masa tanam melon hingga panen membutuhkan waktu sekitar 60 sampai 80 hari.

“Melon itu tumbuhan semusim dimana setelah berbuah akan selesai dan harus mengulang proses tanamnya mulai dari awal lagi. Memang tidak membutuhkan lahan luas tapi yang penting terkena sinar matahari. Hadirnya tanaman melon di Rusun Nagrak dengan konsep urban farming dapat mengedukasi pengelola rusun-rusun lainnya dan masyarakat sekitar,” Ungkap Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Yenny Nursanti di Taman Tower 4 Rusun Nagrak Cilincing, Kamis (24/02).

Bacaan Lainnya

Walikota juga berharap kepada masyarakat Jakarta Utara agar bersemangat menanam melon, anggur, dan lainnya di lingkungannya masing-masing dengan penerapan konsep urban farming. “Ada 41 titik lokasi penanaman melon dan itu menjadi potensi untuk pelaksanaan study banding bagi warga yang terdekat sehingga bisa belajar dan langsung praktik,” Imbaunya.

Kontribusi dari semua pihak yang ikut terlibat dalam mewujudkan program Gubernur Provinsi DKI Jakarta terkait pengembangan urban farming mendapatkan apresiasi langsung dari Walikota. “Ini suatu prestasi yang bisa di edukasi ke masyarakat. Semoga bisa dikembangkan di rusun-rusun lainnya dan kerjasama dengan Panah Merah bisa terus berlanjut di wilayah Jakarta Utara,” Harapnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Utara, Unang Rustanto menerangkan kegiatan panen melon di Rusun Nagrak merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara dengan Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS) III Rusun Nagrak, PT East West Seed Indonesia (EWINDO) Panah Merah, Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, dan unsur lainnya.

“Hari ini, kita lakukan penanaman dengan varian melon Golden Alisha yang diberikan Panah Merah sekitar 1.200 benih melon dan media tanam sebanyak 80 karung. Kedepannya, kita ingin edukasi secara langsung dengan pembelajaran sekolah lapang sehingga apa yang kita tanam kemarin bisa berhasil dan warga bisa menikmatinya,” Jelas Unang Rustanto.

Dalam kegiatan panen melon tersebut juga dihadiri oleh Camat Cilincing, Muhammad Andri, Kepala UPRS III Rusun Nagrak Vita Nurfiatin, Lurah Cilincing, Sumarno, perwakilan PT East West Seed Indonesia (EWINDO) Panah Merah, Ridho, jajaran Tim Penggerak PKK dan DWP Kota Administrasi Jakarta Utara serta unsur terkait lainnya. [Kominfotik JU]

Pos terkait