Pemerintah Gampong Riseh Baroh Gelar Pelatihan Untuk BUMG Barona Jaya

Ist

Barometernews.id | Aceh Utara, Pemerintah Gampong Riseh Baroh, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara adakan Pelatihan Dasar Peningkatan Kapasitas Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) untuk BUMG Barona Jaya yang bersumber dari Anggaran Dana Desa tahun 2019 yang dilaksanakan sehari penuh, Minggu (12/01).

Keuchik Gampong Riseh Baroh melalui Kasie Pembangunan dan Pemberdayaan Gampong Riseh Baroh Kecamatan Sawang Saifuddin Husen mengatakan bahwa Pelatihan Kapasitas BUMG ini di ikuti oleh Pengurus BUMG Barona Jaya, Aparatur Pemerintah Gampong, Tuha Peut Gampong, Tokoh Masyarakat Gampong Riseh Baroh yang bertujuan untuk memberi pemahaman dasar tentang Dasar dasar BUMG, tugas dan Program yang akan di lakukan kedepan.

Ist

Ir. Muhammad Ismail selaku Pemateri yang juga Koordinator Tenaga Ahli Dana Desa Pada BPMKS Kabupaten Aceh Utara mengatakan dasar hukum BUMG tertuang dalam Permendes nomor 4 tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa yang bertujuan di bentuknya BUMG di tingkat Gampong untuk menciptakan Gampong yang mandiri dan sejahtera dengan tujuan meningkatkan perekonomian gampong, membuka lapangan kerja.

“Yang terpenting semua harus dilakukan dengan niat yang tulus memajukan perekonomian gampong, dengan menggali dan harus adanya program prioritas, terutama merubah pola pikir masyarakat,” Ujarnya.

Direktur BUMG Barona Jaya Gampong Riseh Baroh Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara, Nanda Sahputra, S.H mengatakan bahwa untuk Program awal Prioritas BUMG Barona Jaya tahun 2020 berfokus pada Unit Pertanian dan Perternakan, kedepan akan membuka unit unit lainnya.

Nanda Sahputra berharap dukungan seluruh aparatur Pemerintah Gampong Riseh Baroh, Tuha Peut Gampong dan Seluruh masyarakat agar usaha ini bisa berkembang kedepan dan bisa mensejahterakan masyarakat yang ada di Gampong Riseh Baroh, Sawang, Aceh Utara. [Red/OR]

Pos terkait