Pemkab Aceh Timur Ajak Masyarakat Waspadai Bencana Banjir

Foto Ilustrasi

Barometernews.id | Aceh Timur, –  Pemkab Aceh Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur mengingatkan masyarakat mewaspadai berbagai potensi bencana alam menyusul cuaca buruk melanda pantai timur Provinsi Aceh.

“Menyusul cuaca buruk yang mulai terjadi, maka harapan kami masyarakat mewaspadai berbagai potensi bencana alam, baik banjir, tanah longsor maupun angin puting beliung,” Kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Timur Ashadi di Aceh Timur.

Bacaan Lainnya

Ashadi menyebutkan potensi banjir rawan terjadi di sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Aceh Timur, seperti Kecamatan Rantau Peureulak, Indra Makmu, Julok, Pante Bidari, Peureulak Barat, Darul Aman, dan sejumlah kecamatan lain.

Begitu juga dengan tanah longsor yang rawan terjadi di sejumlah titik ruas jalan, terutama jalan lintas provinsi yang menghubungkan Kabupaten Aceh Timur dengan Kabupaten Gayo Lues, baik dalam Kecamatan Peunaron, maupun Serbajadi.

Dirinya berharap pihak kecamatan segera merespons dan berkoordinasi ke posko bencana di kabupaten jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam. Begitu juga dengan masyarakat, diminta segera melaporkan ke aparat desa untuk diteruskan ke Kecamatan.

“Kami juga ingatkan agar masyarakat yang mendiami pesisir sungai agar lebih berhati-hati karena luapan sungai dapat terjadi sewaktu-waktu,” Kata Ashadi menyebutkan.

BPBD Aceh Timur juga meminta masyarakat lebih mewaspadai dan berhati-hati terhadap berbagai potensi sebagaimana yang terjadi di wilayah Kecamatan Darul Aman, seperti di Gampong Keude, dan Aluluddin Sa.

“Jika hujan terus mengguyur, maka luapan sungai tentu akan terjadi dalam pemukiman penduduk. Jika banjir terjadi, segera informasikan kepada kami,” Demikian Ashadi. [DS]

Pos terkait