Pemkab Aceh Timur Akan Salurkan BLT Kepada 5800 KK dari APBK

Foto Dok. Ir. Elfiandi, Kepala Dinas Sosial Aceh Timur

Barometernews.id | Aceh Timur, – Pemkab Aceh Timur akan segera menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) bersumber dari dana bantuan tak terduga (BTT) Covid-19 APBK Aceh Timur kepada 5.800 kepala keluarga miskin.

Bantuan sebagai dampak Corona ini akan diberikan kepada masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) Rp 1,2 juta untuk tiga bulan, yakni Juli, Agustus, dan September 2020.

Bacaan Lainnya

Untuk proses penyaluran dana itu, saat ini Pemkab Aceh Timur melalui Dinas Sosial masih menunggu keuchik mengirimkan foto copy buku rekening calon penerima ke Dinsos Aceh Timur.

Selain itu, juga calon KPM sesuai dengan by name by addres, selain itu keuchik juga harus membuat surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM), ujar Kepala Dinas Sosial Aceh Timur, Ir Elfiandi.

Setelah semua berkas calon penerima BLT APBK ini kita terima, selanjutnya akan kita buatkan SK Bupati Aceh Timur tentang calon penerima BLT APBK.

Kemudian kita ajukan permohonan dana ke Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) untuk disalurkan kepada penerima dengan cara dikirimkan langsung ke rekening masing-masing KPM, kata Elfiandi.

Sedangkan, Peraturan Bupati Aceh Timur tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Langsung Tunai sumber APBK Aceh Timur tahun 2020 sudah ditanda tangani Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib SH.

Adapun jumlah warga miskin yang terdampak Covid-19 yang akan mendapatkan BLT ini sekitar 5.800 orang sesuai hasil verifikasi tim Pemkab Aceh Timur.

“Masing-masing KPM akan mendapatkan BLT APBK tiga bulan (Juli-September) sebesar Rp 1,2 juta atau Rp 400 per bulan setiap KPM,” Sebut Elfiandi.

Elfiandi berharap para keuchik agar segera mengirimkan foto kopi buku rekening KPM calon penerima BLT APBK, dan syarat lainnya ke Dinsos Aceh Timur, agar proses pencairan BLT APBK itu segera diproses. [DS]

Pos terkait