Pemkab Aceh Timur Lanjutkan Pembangunan Jembatan Idi

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Aceh Timur, – Rencana pembangunan jembatan ganda di Peureulak dan Idi, Kabupaten Aceh Timur terus berjalan.

Saat ini dilaporkan Pemkab Aceh Timur sudah sampai melakukan proses ganti rugi atau pembebasan lahan dan bangunan yang terkena proyek jembatan.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib SH, melalui Kepala Dinas Pertanahan, MB Bandi Harvirdaus, Rabu (19/08).

Bandi Harvirdaus mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya sudah melakukan pengukuran bidang tanah yang akan dibebaskan.

Lahan yang akan dibebaskan, sebut dia, yaitu selebar 20 meter sebelah kiri dari arah Medan yang masuk kawasan Desa Beusa Meurano, Kecamatan Peureulak Kota dan Desa Beusa Seberang di Kecamatan Peureulak Barat.

Jembatan yang dibangun melalui dana APBN melalui skema tahun jamak atau multiyears ini diperkirakan sepanjang 150 meter, termasuk untuk pembangunan oprit, tiang pancang, dan badan jembatan.

Saat ini, ucap Bandi, pihaknya sedang menunggu hasil gambar peta bidang dari BPN Aceh Timur untuk dijadikan lampiran/isian dalam daftar nominatif guna disampaikan kepada pihak Kantor Jasa Pelayanan Publik (KJPP) untuk dinilai besaran ganti ruginya.

“Setelah tim KJPP mengeluarkan nilai harga tanah dan bangunan, langsung kita lakukan pembayaran ganti rugi,” Tukas Bandi.

“Pihak rekanan juga sudah sangat siap membangun jembatan ini dan pekerjaan direncanakan dimulai pada awal September 2020,” Imbuh dia.

Pemkab Aceh Timur, bebernya, lebih dulu memfokuskan pembayaran ganti rugi lahan dan bangunan untuk jembatan ganda Peureulak.

“Baru kemudian dilanjutkan ganti rugi bangunan kios yang dibangun pedagang di sisi jalan Keude Geurobak, samping jembatan Idi,” Ulasnya. [DS]

Pos terkait