Pemkab Aceh Timur Minta Warganya Garap Lahan Terlantar

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Aceh Timur, – Pemkab Aceh Timur memohon kepada perusahaan perkebunan sawit swasta di Aceh Timur, yang hak guna usaha (HGU)-nya telantar agar bisa digarap oleh masyarakat.

“Saya mohon pemilik HGU (perusahaan) yang HGU-nya telantar agar bisa kami gunakan untuk lahan pertanian seperti HGU telantar milik perusahaan yang ada di Seumanah Jaya,” Ungkap Rocky, panggilan akrab Bupati Aceh Timur H Hasballah Bin HM Thaib, SH.

Bacaan Lainnya

Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, Bupati Aceh Timur, berharap tidak ada lahan kosong dibiarkan telantar, tapi sebaliknya ditanami aneka tanaman palawija, dan hortikultura untuk mewujudkan ketahanan pangan.

“Saya ingin masyarakat Aceh Timur, mendata lahan kosong dan tidak dibiarkan telantar, baik lahan pertanian, maupun perkebunan dan sesuai potensinya lahan ini dapat dikembangkan berbentuk kawasan,” Ujarnya.

Kita ingin Aceh Timur tetap surplus hasil panen, seperti Pajale, ungkapnya lagi.

Karena itu, Bupati berharap pihak kecamatan membantu para keuchik di desa mendata lahan telantar untuk dilaporkan kepada dinas terkait untuk ditindak lanjuti.

Dinas Tanaman Pangan, dan Hortikultura, dan Dinas Ketahanan Pangan dan Penyuluhan, juga diharapkan bersinergi dengan TNI/Polri, dan berbagai pihak lainnya untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional. [DS]

Pos terkait