Pemko Langsa Finalisasi Dokumen RPB

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Langsa, – Pemko Langsa bersama BPBA menggelar Finalisasi dan Diseminasi Dokumen Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) Kota Langsa di Hotel Harmoni (26/11).

Dalam sambutan Kalaksa BPBA Ir. Sunawardi, M.Si menjelaskan keberhasilan penanggulangan bencana ditandai dengan menurunnya Indeks Risiko Bencana di wilayah tersebut.

Bacaan Lainnya

“Aceh berada di atas patahan dan jalur sesar gempa, memiliki sejarah tsunami yang berulang, semua komponen masyarakat harus terlibat aktif dalam upaya pengurangan risiko bencana,” Imbuhnya.

Selanjutnya, Tim Penyusun RPB Risma Sunarty, menjabarkan isi Dokumen RPB kepada Walikota dan peserta yang hadir sebagai acuan bagi upaya penanganan bencana di Langsa kedepannya.

Kemudian, Kabag Hukum Setda Langsa Dr. Dewi Nurshanti, MH mensosialisasikan Peraturan Walikota Nomor 40 tahun 2020 tentang RPB yang merupakan pijakan hukum implementasi bagi RPB tersebut.

Sekretaris Daerah Said Mahdum dalam arahannya menyampaikan RPB merupakan bahagian tak terpisahkan dalam RPJMD dan menjadi acuan bagi SKPD dalam penyusunan kegiatannya.

“Kami mengapresiasi BPBA, BPBD, dan seluruh Tim Substantif yang terlibat dalam penyusunan dokumen ini,” Ujarnya.

Sementara itu, Ketua Forum PRB Langsa Dr. Zulfitri, MA berharap agar stakeholder kebencanaan mengacu kepada Dokumen RPB dalam perencanaan kegiatannya.

“Masing-masing instansi sudah dijabarkan tupoksinya, sehingga penanganan darurat bencana, pra bencana dan pasca bencana semakin optimal dilaksanakan,” Ujarnya.

Pelaksana Kegiatan Fazli, M.Kes menyebut proses penyusunan Dokumen RPB dilakukan secara maraton selama 6 bulan terakhir melibatkan unsur pemerintah, akademisi dan pegiat bencana.

“Setelah melalui proses panjang hingga konsultasi kepada BNPB, akhirnya dokumen RPB ini bisa kami finalisasi dan diserahkan langsung pada Pemko Langsa,” Imbuhnya.

Kegiatan yang dibuka Sekretaris Daerah Langsa Said Mahdum ini dihadiri oleh Kepala Pelaksana BPBA, Unsur Forkopimda, Kepala OPD, Akademisi, Forum PRB, dan Tim Penyusun Dokumen RPB. [DS]

Pos terkait