Pemko Langsa Umumkan Kasus Pertama Positif Covid-19

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Langsa, – Pemko Langsa konfirmasi kasus positif Covid-19 pertama di daerah itu. Seorang Ibu Rumah Tangga N (56) berprofesi sebagai pedagang sayur warga Kecamatan Langsa Timur positif Covid-19.

”Kita sudah menerima hasil swab yang dikirim dari Balitbangkes Aceh bahwa yang bersangkutan benar posotif covid-19,″ Ungkap Direktur RSUD Langsa, dr Fardhyani, Rabu (01/07)

Bacaan Lainnya

Menurutnya, saat ini yang bersangkutan dirawat di RSUD Langsa. Beliau masuk ke RSUD Langsa melalui IGD umum pada tanggal 27 Juni 2020 dengan keluhan demam, batuk dan sesak.

Bahkan sebelumnya juga pernah di rawat di Puskesmas Langsa Timur dengan keluhan demam, batuk dan sesak dirumah selama 1 minggu.

Setelah tiba di RSUD Langsa, karena keluhan sesak, demam dan batuk maka dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif. Kemudian diswab test dan mengirimnya ke Balitbangkes Aceh di Banda Aceh.

Hasil swabnya sudah turun ternyata yang bersangkutan positif Covid-19. Akibatnya 15 petugas kesehatan di Puskesmas Langsa Timur serta 16 petugas IGD RSUD Langsa juga kita lakukan isolasi mandiri, ujar Fardhiani.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Langsa, Usman Abdullah, SE yang juga Walikota Langsa, dalam kesempatan tersebut meminta masyarakat untuk tidak panik. Dan yang penting dalam beraktifitas tetap mengikuti protokol kesehatan.

”Jangan lupa kalau beraktifitas diluar rumah jangan lupa pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun,” Ujarnya.

Kasus positif covid-19 di Langsa yang terpapar seorang pedagang sayur ini harus kita tuntaskan dengan segera. Karena ternyata yang bersangkutan tidak ada riwayat perjalanan ke daerah pandemi.

“Kita sedang menjajaki dari mana riwayat penularannya. Karena beliau beraktifitas di pasar, maka ini dari transmisi lokal, atau penyuplai sayur dari medan. Mari kita tetap menjaga diri dengan mengikuti protokol kesehatan,” Imbuhnya. [DS]

Pos terkait