Pemkot Jakarta Timur Tindak Tegas Pelanggar PSBB di Pulogadung

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melakukan penindakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di sejumlah rumah makan dan restoran serta pengendara roda dua dan roda empat di wilayah Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Minggu (17/05) malam.

Penindakan PSBB tersebut fokus di dua titik keramaian yang biasa dijadikan tempat berkumpulnya warga yakni Jalan Pemuda Kelurahan Jati dan sepanjang Jalan Balai Pustaka, Kelurahan Rawamangun.

Bacaan Lainnya

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Administrasi Jakarta Timur, Budhy Novian, mengatakan, sanksi administrasi atau denda yang dijatuhkan kepada para pelanggar PSBB diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi Terhadap Pelanggaran Pelaksanaan PSBB dalam Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta.

Dijelaskan Budhy, masih ditemukan berbagai pelanggaran yang ditemukan. Dengan itu, sanksi tegas akan diberikan terhadap perorangan jika keluar rumah tidak mengenakan masker kan mendapatkan sanksi denda administrasi Rp100.000 – Rp250.000 atau sanksi kerja sosial seperti menyapu jalan.

“Kita akan tindak tegas. Sanksi bagi warga yang masih berani melanggar aturan PSBB dengan sanksi sosial hingga sanksi administratif atau denda,” kata Budhy, di lokasi.

Budhy mengatakan, penindakan juga dilakukan di rumah makan atau restoran apabila masih membuka layanan makan di tempat akan dikenakan sanksi administrasi Rp5.000.000-Rp10.000.000.

Selain itu, sanksi juga diberikan kepada hotel yang menyediakan tempat untuk kerumunan orang didenda Rp25.000.000-Rp30.000.000 dan sanksi tambahan ditutup hingga PSBB selesai.

“Ini dilakukan sebagai efek jera. Jika masih adanya makan ditempat langsung kita kenai sanksi administrasi berupa denda sesuai aturan PSBB yang berlaku,” Tandasnya. [Kominfotik JT/AJ]

Pos terkait