Penasehat AJO Pasbar Terpilih Sebagai Anggota Bamus Nagari Koto Baru Periode 2020 – 2026

Foto Dok. Panitia

Barometernews.id | Pasbar, – Pesta Demokrasi Pemilihan calon anggota Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Pasaman Barat Sumatera Barat, periode 2020-2026, untuk Daerah Pilihan perwakilan Kejorongan Giri Maju telah sukses dilaksanakan di SDN 22 Giri Maju, Senin (22/06).

Dari empat kandidat yang lolos seleksi Administrasi, yakni, Joko Surianto, Erwin dan Suhardianto serta Zulkifli Nasution. Akhirnya wartawan senior Pasbar yang juga penasehat Perkumpulan Jurnalis Online (AJO) Pasbar, dan saat ini juga wartawan Barometernews.id memperoleh suara terbanyak. Dengan demikian Zulkifli Nasution menjadi utusan dari Jorong Giri Maju terpilih menjadi anggota Bamus Nagari Koto Baru.

Foto Zulkifli Nsution, kiri, Anggota Bamus terpilih Utusan Kejorongan Giri Maju dan David Hendra, kanan, Utusan Kejorongan Ophir

“Kami dari Kelompok Tani Jorong Giri Maju mendaftarkan Saudara Zulkifli sebagai Perwakilan kami untuk ikut dalam ajang pemilihan Bamus dan Alhamdulillah Zulkifli memperoleh 34 suara dari 36 peserta pemilih yang hadir, kami masyarakat sangat bangga dan senang, apa lagi setelah Ketua Panitia, Elvinas mengetuk Palu untuk mensahkan hasil pemilihan tersebut, dan bersama Wali Nagari Koto Baru, Zulpian beserta beberapa perwakilan masyarakat menandatangani berita acara sebagai bukti sahnya hasil pemilihan Bamus Nagari Koto Baru tersebut. Dengan demikian sahlah sudah Saudara Zulkifli Nasution dinyatakan sebagai anggota Bamus Nagari Koto Baru perwakilan dari Jorong Giri Maju,” Terang Mulyono yang didampingi Afrizal dan Hermanti S, Selasa (23/06).

Ke empat calon Bamus Nagari Koto Baru dari perwakilan wilayah Jorong Giri Maju yang dinyatakan lolos administrasi sesuai dengan Nomor urut yang ditetapkan oleh Panitia Pemilihan adalah 1. Zulkifli Nasution, 2.Erwin, 3. Suhardianto, dan 4. Joko Suranto.

Proses jalannya pemilihan yang berlangsung di SDN 22 Giri Maju sejak pukul 14.00 sampai 16.30 WIB dikarenakan  Giri Maju diguyur hujan sepanjang hari, akhirnya dari 60 orang pemilih yang diundang, hanya dihadiri sebanyak 36 orang pemilih saja.

Foto Dok. Panitia

“Dengan semangat demokrasi meskipun suasana hujan karena pemilih sudah hadir lebih dari separuh dari 60 voter yang berhak memilih berdasarkan Daftar Pemilih yang ditentukan oleh Panitia Pemilihan yakni 36 Voter yang hadir, maka pemilihan sah dilaksanakan, dan hasilnya Zulkifli Nasution berhasil memperoleh 34 suara dari 36 pemilih sedangkan 2 suara lainnya kepada saudara Joko Suranto, Jelas Yupnil (Ayub) dan Doni perwakilan masyarakat yang ikut memilih saat itu.

Ketua Panitia Pemilihan Bamus Nagari Koto Baru, Alvinas menjelaskan, pemilihan berlangsung melalui pemungutan suara dari masing-masing utusan wilayah yang telah ditentukan, yakni tokoh masyarakat, alim ulama, cadiak pandai, tokoh pemuda dan bundo kanduang termasuk perwakilan petani setempat, dan menurutnya hasil dari pemilihan ini sah sebagai utusan perwakilan wilayah Kejorongan Giri Maju sebagai Bamus di Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat Sumbar.

“Pemilihan Bamus Nagari Koto Baru dari perwakilan wilayah Jorong Giri Maju telah dilaksanakan secara langsung, umum, bebas dan rahasia. Selama proses pemilihan berlangsung, masyarakat melalui perwakilan yang telah ditetapkan telah menggunakan dan menyalurkan hak suaranya, dengan demikian Sah saudara Zulkifli Nasution sebagai Bamus Nagari Koto Baru Perwakilan Wilayah dari Kejorongan Giri Maju ,” Jelasnya.

Alvinas menjelaskan, calon yang terpilih sebagai Bamus Koto Baru dari perwakilan wilayah Jorong Giri Maju Saudara Zulkifli Nasution memperolehan 34 suara dari 36 suara sah.

“Kita bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut menyukseskan kegiatan ini sehingga berjalan lancar,” Ujarnya.

Sementara itu, Wali Nagari Koto Baru, Zulpian juga menyampaikan terima kasih atas berjalan dengan suksesnya pemilihan anggota Bamus Nagari Koto Baru periode 2020-2026, dikatakannya bahwa proses sudah berjalan sesuai mekanisme dan tatib yang telah ada.

“Saya mengikuti proses jalannya demokrasi ini dari awal sampai akhir, makanya sesuai agendanya maka tidak ada alasan lagi, sayapun menandatangani Berita Acara dan Mensahkan dengan ketuk palu serta memberi apresiasi yang tinggi kepada Panitia Pemilihan dan juga masyarakat Giri Maju yang mendukung penuh jalannya demokrasi hari ini hingga walaupun hari hujan dapat berlangsung dengan sukses, saya berharap semoga Bamus yang baru terpilih, saudara Zulkifli Nasution, dapat mengemban amanah ini dengan baik,” Ucapnya. [Bm]

Pos terkait