Penerbangan di Bandara Pusako Anak Nagari Pasaman Barat Akan Kembali Beroperasi

Foto Dok. Kepala Bandara PAN, Eva Wardi Putra, SH

Barometernews.id | Pasbar, – Bandara Pusako Anak Nagari yang berlokasi di Nagari Kapa Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat merupakan kebanggaan masyarakat karena satu-satunya kabupaten atau kota di Sumbar yang memiliki Bandara.

Foto Dokumentasi

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat Rizaldi didampingi Kepala Bandara Pusako Anak Nagari Pasaman Barat Eva Wardi Putra, SH kepada Insan Pers yang tergabung di PerkumpulAn Jurnalis Online (AJO) Pasbar di ruangannya Rabu, 06/01 /2020  mengatakan bahwa setelah hampir 2 tahun berturut-turut yakni tahun 2019 dan tahun 2020 kini memasuki tahun 2021 tepatnya Jumat, 08 Januari 2020, pukul 10.20 WIB, penerbangan akan kembali beroperasi atau di buka.

Bacaan Lainnya

Diterangkannya bahwa memang sebelumnya, penerbangan di Bandara Pusako Anak Nagari Kabupaten Pasaman Barat, tidak beroperasi selama dua tahun dikarenakan masalah pengalihan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dari KPA Nias ke KPA Dabo Singkep, Kepulauan Riau.

 

Foto Dokumentasi

Kadis Perhubungan Rizaldi melalui Kepala Bandara Eva mengatakan saat ini untuk rute penerbangan Bandara Pusako Anak Nagari Pasaman Barat dengan tujuan hanya ke bandara Pekanbaru, Riau yakni penerbangan akan dilakukan rute Pekanbaru-Pasaman Barat sekitar pukul 09.05 WIB dan Pasaman Barat-Pekanbaru.pukul 10.20 WIB.

“Untuk biaya tiket pesawat Pasaman Barat – Pekanbaru hanya Rp 311.100 dan Pekanbaru – Pasaman Barat Rp 356.100 menggunakan pesawat Susi Air,” Terangnya.

Harapannya, masyarakat Pasaman Barat bisa langsung datang membeli tiket pesawat langsung ke Bandara Pusako Anak Nagari Kabupaten Pasaman Barat, pada hari Senin-Kamis dengan membawa hasil rapid test Covid-19.

Eva menjelaskan, Pesawat Susi Air dalam sekali penerbangan bisa membawa sebanyak 12 orang penumpang dengan anggaran subsidi dari pemerintah pusat, bahkan dengan pengoperasian bandara ini maka tujuan untuk mempermudah dan mempercepat hubungan masyarakat melalui transportasi udara dari Pasaman Barat menuju Pekanbaru akan dapat terealisasi.

“Akses penerbangan ini sangat bermanfaat dan mempersingkat waktu menuju Pekanbaru yang hanya 45 menit. Jika menggunakan jalur darat bisa menempuh sembilan jam perjalanan,” Jelas Eva.

Kadis Perhubungan melalui Eva Wardi Putra pada kesempatan itu juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah menyetujui penerbangan di Bandara Pusako Anak Nagari.

“Kita langsung menghadiri Rakortis penerbangan di Batam pada Februari 2020 lalu. Alhamdulillah membuahkan hasil dengan kembali melakukan penerbangan pada Jumat (08/01),” Terangnya mengakhiri. [Zoelnasti]

Pos terkait