Pengurasan Saluran Air di Jalan Kalibaru Timur III Ditargetkan Lusa Rampung

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Pengurasan saluran air di Jalan Kalibaru Timur III sisi utara RW 07 Kelurahan Bungur, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat ditargetkan selesai lusa mendatang.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Sumber Daya Air Kecamatan Senen Zulfahmi mengatakan, pengurasan saluran air ini sudah dikerjakan sejak 17 Februari 2022.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, kegiatan ini merupakan tindak lanjut hasil Musrenbang 2022 karena sendimen lumpur di saluran tersebut sudah menebal. “Pengurasan lumpur dalam saluran air meliputi panjang 350 meter dengan lebar saluran 60 sentimeter dan tinggi saluran 80 sentimeter. Sedangkan ketebalan lumpur 20 sentimeter,” Kata Zulfahmi saat dihubungi, Kamis (24/02).

Zulfahmi menjelaskan, untuk saat ini progresnya sudah hampir rampung 75 persen atau sudah dikerjakan 300 meter dengan lumpur yang sudah diangkut sebanyak 13 meter kubik.

Pengurasan ini dikerjakan secara manual mengerahkan 12 personel dengan bantuan alat cangkul, ember, linggis, karung plastik, dan gerobak.

“Pengurasan lumpur dikerjakan dalam rangka menghadapi musim hujan untuk antisipasi genangan yang sering terjadi di wilayah RW 07. Setelah dikuras lumpurnya, aliran air kembali berfungsi dan dapat menampung debit air saat hujan turun. Lumpur yang telah diangkut akan dibuang ke PLTU Ancol,” Tutupnya. [Kominfotik JP]

Pos terkait