Peran Bundo Kanduang Sinuruik Tak Pernah Lekang Dalam Menjaga Kaum Perempuannya

Foto Dok. Terlihat semangat Bundo Kanduang, Hj. Rosni Latief saat membekali peserta

Barometernews.id | Pasbar, – PJ. Wali Nagari Sinuruik, Faridh Muhammad Ali saat membuka secara resmi acara sosialisasi ‘Sumbang Duo Baleh,’ menyampaikan begitu pentingnya peran Bundo Kandung di tengah keluarga dan perkembangan remaja Nagari Sinuruik dalam menjadikan generasi perempuan yang lebih berkarakter dan berakhlak mulia.

Foto Dok. Pj. Wali Nagari Sinuruik, Faridh Muhammad Ali saat membuka secara resmi acara sosialisasi

Menurutnya, kegiatan ini merupakan langkah positif sebagai tindak lanjut dalam mempertahankan adat dan tata krama khususnya di lingkungan Nagari, apa lagi kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari cara masyarakat Minangkabau menjaga kehormatan perempuan, seiring dengan tantangan zaman dan modernis yang terus masuk.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dilaksanakan oleh generasi muda bekerjasama dengan Pemerintah Nagari Sinuruik Pasbar yang didukung oleh sejumlah tokoh dan kaum perempuan, terutama Bundo Kandung dari setiap kejorongan dan keterwakilan perempuan dari generasi muda berlangsung di Aula Nagari Sinuruik Kamis, (23/09).

Menurut Ucok sapaan akrab Pj. Wali Nagari Sinuruik ini, sosialisasi ini penting dilakukan di tengah tantangan zaman dan goresan pengaruh dunia luar, hingga masyarakat Minangkabau yang kental dengan budayanya, bersama pemerintah Nagari dan unsur masyarakat adat di setiap daerah akan selalu memperhatikan generasi muda khususnya kaum perempuan.

Foto Dok. Peserta sosialisasi Sumbang Duo Baleh

Pj. Wali Nagari Sinuruik menambahkan, adat dan syarak tidak bisa dipisahkan, perempuan atau Bundo Kandung di Minangkabau memiliki peran penting dalam berbagai hal, termasuk adanya Ridho Allah dalam perjalanan hidup seorang anak tentu harus mendapatkan izin dan restu dari ibu atau Bundo Kandung.

“Restu Bundo Kandung kita, adalah Ridho Allah dalam meraih kesuksesan, kami berharap Bundo Kandung Nagari Sinuruik, akan tetap menjadi pelopor dan trenseter untuk anak gadis remaja Minang yang ada di Nagari Sinuruik seperti pola berpakaian, perkataan dan tingkah laku agar tetap dijaga terutama sebagai adab dalam bertutur kata untuk saling menghargai,” Ujarnya.

Faridh Muhammad Ali menambahkan, Bundo kanduang adalah kunci dari perwujudan generasi hebat yang berbudaya. Oleh karena itu melalui sosialisasi ini diharapkan meningkatnya  kapasitas Bundo Kanduang yang nantinya akan menjadi Garda terdepan di dalam mewujudkan Generasi Hebat Nagari Sinuruik nan Berbudaya.

“Semoga semua peserta bisa memahami dan mempertahankan adat istiadat, terutama definisi Sumbang Duo Baleh,” Pesannya.

Sementara itu, Bamus Nagari Sinuruik Ajumril sangat mengapresiasi kegiatan ini. Sebab menurutnya, Bundo Kandung selalu memiliki peran penting dalam peradaban remaja di Nagari Sinuruik.

Senada dengan hal tersebut, anggota Bamus keterwakilan perempuan, Defriroza dan Sekretaris Bamus Romi Fitra, menyampaikan ucapan terimakasih atas suport dan dukungan penuh dari Bundo kandung Nagari Sinuruik hingga terselenggaranya acara sosialisasi Sumbang Duo Baleh ini.

“Suksesnya acara soailisasi ini, memang tak terlepas dari peran penting Bundo kandung yang memang sejak dulunya tak pernah pudar di tengah keluarga, hingga terbukti kini perkembangan remaja Nagari Sinuruik dalam menjadikan generasi perempuan yang lebih berkarakter dan beraklhalk mulia masih kental, ” Ucap Defriroza.

“Sosialisasi sumbang duo baleh ini bisa membuat generasi dan remaja Nagari Sinuruik bisa lebih saling menghargai dan bertutur secara baik,” Tambah Romi Fitra menimpali.

Pada acara tersebut terlihat juga hadir Bundo Kandung Kabupaten Pasaman Barat  Hj.Rosni Latif  sebagai pembicata yang mengupas tentang tugas dan fungsi Bundo Kandung dalam kehidupan bermasyarakat, serta menjaga tatanan masyarakat ke depannya.

Bundo Kanduang Kabupaten, Rosni Latif mengapresiasi acara yang dilaksanakan oleh Pemerintahan Nagari Sinuruik, terutama dengan melibatkan kaum perempuan Nagari Sinuruik.

“Ini membuktikan bahwa sejak dulu peran Bundo Kanduang di Nagari ini tak pernah lekang dalam mengikuti perkembangan generasi muda khususnya kaum perempuannya, sebab di era yang berkemajuan ini dengan budaya yang sudah bergeser ke arah kemajuan, masih terlihat harmonis nya peran Bundo Kanduang dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Nagari sebab pembekalan ini menjadi salah satu tolok ukur dan dasar kuat, ternyata Bundo Kandung Sinuruik tetap memegang teguh secara berkesinambungan dalam mendidik dan menjaga generasi mudanya,” Papar Hj. Rossi. [Zoelnasti]

Pos terkait