Perketat Wilayah, Tim Gabungan Gelar Operasi Tibmask di Jalan Raya Bekasi

Foto Dok. Kecamatan Cakung

Barometernews.id | Jakarta, – Petugas gabungan tim percepatan penanggulangan Covid-19, terdiri dari tiga pilar Kecamatan Cakung, Jakarta Timur menggelar Operasi Tertib Masker (Tibmask) di Jalan Raya Bekasi KM 26, Kelurahan Ujung Menteng, Sabtu (03/04).

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin digelar tiap harinya secara bergantian guna menyadarkan masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan, salah satunya penggunaan masker saat beraktifitas di luar rumah sebagai memutus mata rantai penularan Covid-19.

Bacaan Lainnya

Camat Cakung, Ahmad Salahudin, mengatakan bahwa pihaknya akan menindak tegas bagi warga yang ditemukan mengabaikan protokol kesehatan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi Kerumunan, dan Membatasi mobillitas).

Ia menegaskan pentingnya pengawasan pada wilayah perbatasan sehingga dapat mengurangi mobilitas dan menghindari kegiatan yang dapat memicu kerumunan.

“Hasilnya, terdapat 4 orang ditindak saat melintas tanpa menggunakan masker, mereka kita jerat dengan hukuman berupa sanksi kerja sosial membersihkan sampah disekitar lingkungan,” Katanya.

Ditambahkan Ahmad meminta agar pekan libur panjang 2-4 April 2021 (libur Hari Paskah) dapat dimanfaatkan dengan menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah, sehingga tidak terjadinya lonjakan kasus lagi di daerah-daerah yang menimbulkan dampak negatif berkepanjangan.

Namun demikian, selama pelaksanaan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) pihaknya akan terus lakukan pengawasan secara masif akan kepatuhan masyarakat pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

Aturan itu tertuang pada Peraturan Gubernur Nomor 3 tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 2 tahun  2020 sebagai pencegahan  Covid-19 di Ibu Kota.

“Sayangi keluarga dan diri sendiri, kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan. Tak hanya penggunaan masker dan 5M kita minta agar pola hidup bersih terus diterapkan sehingga keselamatan kesehatan kita terus terjaga,” Pungkasnya. [Kominfotik JT/AJ]

Pos terkait