PerkumpulAn Jurnalis Online (AJO) Pasbar Peduli

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Pasbar, – PerkumpulAn Jurnalis Online (AJO) Pasbar Peduli dalam beberapa hari ini, sejak hari pertama pasca gempa terjadi pada Jumat (25/02) pukul 08.39 WIB di Pasaman Barat, Sumatera Barat, dengan kekuatan Magnitudo 6,1 yang menyebabkan beberapa korban meninggal dan ratusan luka-luka serta ribuan bangunan yang runtuh, terlihat AJO Pasbar selalu aktif dalam melakukan kegiatan pengumpulan dan penyaluran dana bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa tersebut.

Foto Dokumentasi

“Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian AJO Pasbar dalam penanganan bencana gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat,” Ujar Ketua (AJO) Pasbar, Fadli saat menyalurkan bantuan ke Posko utama Pengungsian di Gedung Serba Guna Nagari Persiapan Puja Rahayu Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo, Selasa (01/03).

Bacaan Lainnya

Dikatakan Fadli yang didampingi oleh beberapa wartawan, penyaluran bantuan ini merupakan bentuk kepedulian PerkumpulAn Jurnalis Online (AJO) Pasbar yang turut berduka atas bencana yang dialami oleh para korban terdampak gempa Pasbar Jumat 25 Pebruari 2022 lalu.

“Semoga saudara-saudara kita yang mendapat cobaan ini, selalu diberikan kekuatan dan keselamatan agar dapat melalui cobaan ini,” Ujarnya.

Menurut Fadli, sejak beberapa hari ini pihaknya selain mengumpulkan dana bantuan dari berbagai pihak, juga (AJO) Pasbar secara langsung menyalurkan bantuan kepada warga terdampak pasca gempa.

“Kita juga membuka posko untuk menampung bantuan dari para dermawan dan masyarakat lainnya yang peduli untuk diserahkan langsung ke masyarakat yang terdampak gempa,” Terangnya.

Diterangkannya lagi, untuk pengiriman ke daerah terdampak, selain menggunakan mobil, kita juga menggunakan kendaraan roda dua atau kadang memanfaatkan kendaraan komunitas atau para dermawan yang ingin langsung menyalurkan bantuannya.

Andika Adi Saputra, salah seorang penasehat AJO Pasbar menambahkan, bantuan yang mereka salurkan atau berikan diharapkan dapat bermanfaat bagi mereka yang sedang membutuhkan, dan semoga juga dapat mempercepat pemulihan bencana pasca gempa Pasbar.

“Semoga bantuan yang AJO Pasbar berikan dapat bermanfaat dan harapan kami masyarakat yang terdampak agar selalu diberikan kesabaran dan kekuatan untuk menghadapi cobaan ini,” Doa Andika.

Foto Dokumentasi

Ditempat yang sama Sekna Nagari Persiapan Puja Rahayu yang didampingi oleh Suhariyanto Bamus Nagari Koto Baru Perwakilan Puja Rahayu menyampaikan, keberadaan posko pengungsian di gedung serba guna Nagari Persiapan Pujo Rahayu yang memiliki, luas 10 m x 25 m telah layak, sebab kelengkapan sebagai sebuah Camp Pengungsian, seperti tersedianya tikar, karpet, dan kasur termasuk selimut juga memiliki akses internet/wifi termasuk LCD Proyektor sebagai sarana hiburan bagi pengungsi.

Menurut mereka, Posko pengungsian Serba Guna yang berlokasi di Nagari persiapan Puja Rahayu Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat Sumbar ini sengaja disediakan oleh Masyarakat Puja Rahayu sebagai bukti kepedulian waega terhadap saudaranya yang sedang membutuhkan perhatian dan perlindungan akibat gempa.

Bahkan dikatakannya, dengan tingginya kepedulian tersebut, ibu-ibu warga Puja Rahayu rela menjadi juru masak di dapur umum yang juga telah mereka persiapkan, di tambah lagi adanya sarana MCK yang bersumber dari air bersih Pansimas, termasuk sarana ibadah.

Dikatakannya, melalui sikap kepedulian tersebut warga Puja Rahayu berharap agar saudara – saudara terdampak korban gempa yang berasal dari Nagari Talu dan Nagari Kajai tersebut, bukan saja betah selama di pengungsian, tapi dapat meringankan beban dan menumbuhkan kembali semangat warga korban dampak bencana gempa.

“Kami dari pemerintahan Nagari Persiapan Puja Rahayu Koto Baru ingin memberikan yang terbaik kepada saudara kami selama di pengungsian ini, sebab mereka sedang membutuhkan bantuan dari kita, semoga di situasi pasca bencana gempa Pasaman Barat kemarin, melalui pelayanan yang kami berikan ini, mampu mengurangi beban dan dapat membangkitkan semangat mereka kembali,” Terang Sekna.

Suhariyanto menambahkan, saat ini jumlah pengungsi yang ada di Posko Serba Guna Puja Rahayu ini ada kurang lebih sekitar 50 orang, “Kabarnya malam ini, Rabu (01/03) posko kita akan datang beberapa keluarga lagi untuk mengungsi di sini,” Tambahnya.

Dikatakannya, awalnya kondisinya saudara kita tersebut memang sangat memprihatinkan dan sangat membutuhkan bantuan kita bersama, makanya kita berharap dengan adanya perhatian dan pelayanan dari kita semua, semoga mampu meringankan beban mereka.

Bamus Nagari Koto Baru perwakilan Puja Rahayu, Suhariyanto ini menyampaikan, awalnya memang kondisinya saudara kita yang mengungsi di sini sebagian ada tinggal di rumah – rumah masyarakat, namun, berdasarkan musyawarah dan adanya kesepakatan, akhirnya warga bergotong royong untuk mempersiapkan Gedung Serba Guna sebagai pusat pengungsian bagi saudara – saudara korban pasca gempa yang mengungsi di Puja Rahayu.

Dikatakannya, warga Puja Rahayu selalu siap dan terbuka menerima siapa saja saudara saudara terdampak gempa lainnya yang mau mengungsi di Puja Rahayu, “Kami himbau kepada warga pengungsi yang ada di Puja Rahayu dan sekitarnya untuk berkenan bergabung dengan saudaranya yang telah ada di Posko utama Gedung Serba Guna ini,” Himbaunya.

“Kami juga atas nama masyarakat Puja Rahayu, mengajak dan menghimbau kepada lembaga sosial, serta perusahaan maupun komunitas yang ada untuk dapat menyalurkan bantuan guna meringankan beban saudara -saudara kita yang saat ini butuh bantuan kita,” Pesan Sekna Nagari persiapan yang didampingi oleh Bamus. [Zoelnasti]

Pos terkait