Polsek Pasaman Vaksinasi Massal Covid-19 Serentak di Enam Puskesmas

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Pasbar, – Kapolsek Pasaman, IPTU Risminarti, SH. yang didampingi Kanit Provost Polsek, Aiptu Aulia Eriansyah kepada Barometernews.id menyampaikan bahwa pada hari Rabu tanggal 23 Juni 2021 sekitar pukul 08.30 Wib sampai selesai pihaknya melaksanakan Vaksinasi SINOVAC Massal serentak di 6 lokasi Puskesmas yang berada di wilayah Hukum Polsek Pasaman Kabupaten Pasaman Barat.

Menurut Risminarti, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Bhayangkara ke – 75 dengan jenis vaksin yang digunakan adalah SINOVAC.

Bacaan Lainnya
Foto Dokumentasi

Kegiatan Vaksin massal yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat ini langsung dikoordinir oleh Kapolsek dengan melakukan monitor ke 6 titik lokasi vaksin seperti di Puskesmas Ophir, Kapolsek Pasaman melakukan monitoring didampingi oleh Bhabinkamtibmas Koto Baru, Bripka Wahyul Aziswan dan Bhabinkamtibmas Kapar, Bripka Jhon Aryanto.

Dikatakan Risminarti, berdasarkan data yang ada yakni dari 82 orang yang mendaftar hanya 80 orang yang bisa divaksin.

Sedangkan di Puskesmas Sasak saat Kapolsek melakukan monitor didampingi oleh Kapospol Sasak, Aiptu Maijon Aplis, dan Kapospol Maligi, Aiptu Zalman serta Bhabinkamtibmas Sasak Bripka Eko Hendri diperoleh data dari 53 Orang yang didaftar hanya 41 orang yang bisa divaksin.

Demikian juga saat Kapolsek yang didampingi oleh Bhabinkamtibmas Aia Gadang, Bripka Dedi Murdani, SH melakukan monitoring di Puskesmas Aia Gadang dikatakannya berdasarkan data dari 71 orang yang mendaftar, hanya 70 orang yang bisa divaksin.

Saat melakukan monitoring di Puskesmas Sukomenanti , Kapolsek yang didampingi oleh Bhabinkamtibmas Aur kuning Bripka Riki Hendrianto SH. mengatakan dari  47 orang yang didata hanya ada 44 orang yang bisa divaksin.

Dikatakannya, saat memonitoring di Puskesmas Lembah Binuang, ia didampingi oleh Waka Polsek Pasaman, Iptu M.Sitompul dan Kanit Sabhara Aipda Suherman, diperoleh hasil berdasarkan data dari 12 orang yang di daftar hanya 11 orang yang bisa divaksin.

Saat melakukan monitoring terakhir di Puskesmas Simpang Empat Kapolsek yang didampingi oleh Kanit Intel Polsek, Aiptu Yudha Siswa dan Bhabinkamtibmas Lingkung Aur, Aipda Juppi, Risminarti mengatakan berdasarkan data dari 73 orang yang terdaftar ada 70 orang yang dapat divaksin.

Kapolsek lebih lanjut menerangkan, antusiasme masyarakat memang tinggi untuk ikut divaksin, terbukti masyarakat yang melaksanakan Vaksin berdasarkan data yang terdaftar ada 388 orang, dari jumlah tersebut hanya 316 orang yang bisa divaksin.

Sedangkan kendala masyarakat yang belum bisa divaksin setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas medis antara lain karena ada yang tensi tinggi dan ada juga yang dalam kondisi Hamil.

Menurut Risminarti, tahapan pelaksanaan vaksinasi di 6 titik Puskesmas wilayah Polsek Pasaman tersebut terlebih dahulu pihak medis atau tenaga petugas kesehatan di meja 1 melakukan entri penerima Vaksin, lalu dilanjutkan dengan Srinning atau cek tensi, cek gula darah, kolesterol dan wawancara kesehatan dan selanjutnya dilakukan vaksinasi kepada si penerima Vaksin sekaligus menginformasikan untuk istirahat selama lebih kurang 30 menit.

“Setelah selesai divaksin, petugas memberikan kartu Tanda sudah divaksin dan sekaligus menginformasikan nomor petugas kesehatan yang bisa dihubungi apabila terjadi permasalahan setelah divaksin,” Terang Risminarti.

Risminarti menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan selain dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke – 75 juga mempercepat dan mempermudah masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin antibody covid 19, serta yang utama adalah mendukung program pemerintah dalam Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19.

“Kegiatan vaksin I ini berlangsung aman dan sukses, semoga 14 hari ke depan pada kegiatan vaksin II di Puskesmas yang telah ditentukan juga berlangsung sukses dan aman, selama kegiatan kita tetap memperlakukan dan mempedomani Protokol Kesehatan,” Tutupnya. [Zoelnasti]

Pos terkait