Prajurit PASKHAS Se-Aceh Laksanakan Terjung Payung Penyegaran

Foto : Abi

Barometernews.id | Aceh Besar, – Menjadi agenda kegiatan tahunan, prajurit Paskhas se-Aceh melaksanakan terjun penyegaran (Junggar) di Lanud Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar. Selasa (3/3).

Prajurit penerjun yang terdiri dari Kipan B Yonko 469 Paskhas Lhokseumawe dan Kipan C Yonko 469 Paskhas Banda Aceh, sejak pagi hari sudah mempersiapkan perlengkapan, fisik dan mental di apron Lanud Sultan Iskandar Muda.

Foto : Abi

Menggunakan pesawat Hercules TNI Angkatan Udara dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, satu-persatu penerjun memasuki pesawat dan mengudara hingga ketinggian 1200 feet kemudian dilaksanakan terjun statik sebanyak 2 run. Danyon 469 Paskhas Letkol Pas Yoga mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk latihan untuk meningkatkan kemampuan, kualitas dan profesionalisme prajurit Paskhas.

“Dinamakan terjun penyegaran, karena diharapkan melalui kegiatan ini setiap prajurit mampu me-refresh ataupun mengingat kembali teori dan praktek penerjunan sehingga terbentuk prajurit yang profesional selalu siap sedia setiap saat jika dibutuhkan,” ujarnya

Saat ditemui di apron, Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos., mengatakan terjun penyegaran sebagai bentuk pembinaan prajurit untuk menjaga, mempersiapkan dan membentuk mental serta fisik yang baik.

“Lanud Sultan Iskandar Muda sangat mendukung kegiatan ini, baik dari operasional penerbangan, kesiapaan tenaga medis, dukungan transportasi dan lain sebagainya, selesai melaksanakan penerjunan prajurit paskhas melanjutkan latihan operasi perebutan dan pengendalian pangkalan udara, itu merupakan spesialisasi pasukan khas TNI Angkatan Udara,” jelasnya.

Junggar ini, lanjutnya, juga menjadi daya tarik masyarakat Aceh, khususnya para pelajar mulai dari TK, SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi turut hadir menyaksikan kemampuan prajurit Paskhas TNI Angkatan Udara. Oleh karena itu, kesempatan ini dipergunakan untuk mengundang masyarakat agar dapat lebih dekat atau melihat secara langsung terjun penyegaran yang dilaksanakan di Lanud Sultan Iskandar Muda.

“Kesempatan ini juga kami gunakan sebagai ajang promosi TNI Angkatan Udara ke masyarakat sehingga mereka lebih mengenal, lebih dekat dan mampu meningkatkan kemanunggalan TNI Rakyat di Aceh ini,” katanya seraya mengingatkan bahwa penerjunan ini juga dilaksanakan pada malam hari nanti.

Usai kegiatan terjun penyegaran, masyarakat yang hadir mengabadikan momen tersebut dengan foto bersama para penerjun, bersalaman dan saling berbincang-bincang serta tak lupa untuk memasuki alutsista TNI yang telah berada di apron Lanud Sultan Iskandar Muda yaitu pesawat C-130 A-1326 Hercules milik TNI Angkatan Udara. (Red/Abi)

Pos terkait