Ratusan Lansia Kecamatan Jatinegara Jalani Vaksinasi Covid-19 Massal

  • Whatsapp
Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Puskesmas Kecamatan Jatinegara menggelar Vaksinasi Covid-19 massal tahap pertama untuk warga lanjut usia (Lansia), di SMA Negeri 54 Jakarta, Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (01/03).

Camat Jatinegara, Endang Sofyan, menyampaikan kegiatan Vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Kecamatan Jatinegara pada hari ini ditargetkan 600 peserta dari 8 Kelurahan yang ada di Kecamatan Jatinegara.

Bacaan Lainnya

Endang menjelaskan, dari 600 peserta lansia tersebut dijadwalkan dari pukul 08.00-12.00 WIB ditargetkan 375 peserta dan pukul 13.00-16.00 WIB ditargetkan 225 peserta lansia.

“Jadi setiap kelurahan kita jadwalkan 75 lansia,” Ujar Endang.

Ia menuturkan, dalam waktu sebulan menargetkan sebanyak 24.000 lansia dapat divaksinasi sesuai dengan perjalanan harian, jadwal dan ketersediaan.

“1 bulan (Maret) itu harus selesai,” Ujar Endang.

Sementara, Lurah Rawa Bunga, Agustina, menyampaikan, sampai pukul 12.00 WIB sudah 114 lansia Kelurahan Rawa Bunga yang sudah divaksin Covid-19.

“Untuk keseluruhan ada 1.500 diharapkan 90 hingga 100 persen dapat mengikuti vaksin ini. Karena kemungkinan juga ada yang dari fasilitas kesehatan dari swasta atau lainnya,” Ungkap Agustina.

Kepala Puskesmas Kecamatan Jatinegara, dr. Dara Pahlarini, menjelaskan, ada 4 tahapan yang wajib dijalankan peserta, yakni penyesuaian Nomor Induk Kependudukan (NIK), pemeriksaan kesehatan, jika sehat maka dilakukan vaksinasi, kemudian setelah divaksinasi paserta dipersilakan untuk menunggu selama 30 menit untuk observasi mengantisipasi adanya reaksi setelah divaksin. Jika tidak ada maka peserta mendapatkan kartu vaksinasi Covid-19.

“Memang untuk lansia ini ada beberapa pertanyaan khusus berbeda dengan sebelumnya. Seperti memiliki lebih dari 3 penyakit bawaan hingga keadaan fisik peserta lansia,” Tutur dr. Dara.

Asmina (65), warga RT 006/RW 08 Kelurahan Rawa Bunga, menyampaikan, Ia tidak merasakan apapun setelah 30 menit divaksinasi Covid-19. Ia pun berharap tidak terjadi apa-apa pada dirinya setelah divaksin Covid-19.

Alhamdulillah tidak apa-apa. Semoga sehat-sehat saja,” Ujar Asmina. [Kominfotik JT/AD]

Pos terkait