RT 007 RW 08 Cipinang Besar Utara Ciptakan Gang Hijau

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Penghijauan di tengah kota Jakarta untuk sekarang ini sulit dicari. Berlokasi di RT 007/RW 08 Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, terlihat gang penuh tanaman yang indah, asri, bahkan bersih dari segala sampah.

Ketika tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur berkunjung ke wilayah tersebut, Selasa (01/09), gang sepanjang 200 meter ini dihiasi dengan tanaman dari kiri, kanan, hingga atas area pergola.

Bacaan Lainnya

Ketua RT 007/RW 08 Kelurahan Cipinang Besar Utara, Haryo Ismail, mengatakan, terdapat ribuan tanaman yang telah ditanam di sepanjang gang yang telah diciptakan bersama masyarakat setempat sejak 2017. Tanaman yang ada bervariatif dari tanaman buah, sayuran, obat, toga (tanaman obat keluarga), hingga tanaman hias.

Ia juga menyampaikan, dalam menciptakan gang hijau ini mendapatkan dukungan dari CSR (Corporate Social Responsibility), binaan Dinas KPKP (Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, operasional kas RT, hingga swadaya masyarakat setempat.

“Ini semua kita ciptakan bersama dengan konsep BIR (Bersih, Indah, dan Rapih),” Pungkasnya kepada tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur.

Ia menyampaikan dalam menjaga gang hijau juga menciptakan alat siram yang sudah dimodifikasi dengan selang-selang yang menjulur ke setiap tanaman setiap pukul 05.30-09.00 WIB pagi dan 16.00-17.00 WIB sore. Selain itu, disediakan keran setiap 2 meter untuk menyiram tanaman.

Tersedia pula, fasilitas tong sampah untuk memudahkan pembuangan dan menjaga kebersihan.

“Hal ini kita ciptakan bersama demi penghijauan dan kebersihan lingkungan RT 007,” Tandasnya.

Haryo menyampaikan, RT 007 pada tahun 2017 mendapatkan juara tingkat kelurahan kebersihan dan penghijauan dari 192 RT yang ada di Kelurahan Cipinang Besar Utara dan masih ada tahapan untuk meningkatkan lagi penghijauan di wilayahnya.

“Kedepan masih ada lagi tahapan untuk menciptakan lebih hijau lagi. Mudah-mudahan tahun ini dapat terealisasi dengan bantuan-bantuan pihak lainnya,” Tuturnya. [Kominfotik JT/AD]

Pos terkait