SDA Lakukan Pengerukan Lumpur di Kanal Banjir Barat

Dok. Sudin SDA Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan pengerukan Kali Ciliwung di KBB. Foto: Malik Maulana

Barometernews.id | Jakarta, – Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan pengerukan Kali Ciliwung di Kanal Banjir Barat (KBB), Jalan Tenaga Listrik, Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Rabu (02/03).

Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Kota Administrasi Jakarta Pusat Achmad Daeroby mengatakan, pengerukan yang dilakukan sejak 31 Maret 2011 lalu ini mulai dari Jalan Pintu Air Karet sampai Jalan K S Tubun dengan panjang 1.047 meter. “Saat ini proses pengerukannya telah mencapai 79,70 persen, ditargetkan rampung di tahun 2022 ini,” Ujarnya.

Bacaan Lainnya

Diutarakan Daeroby, hingga saat ini pengerukan lumpur Kali Ciliwung Kanal Banjir Barat sedalam 1,5 meter dengan volume target yang akan dikeruk kurang lebih sekitar 55.282 meter kubik.

Menurut Daeroby, untuk pengerukan Kali Ciliwung ini pihaknya mengerahkan 20 personel Satgas dengan tiga unit alat berat seperti, ekskavator amphibious besar, ekskavator long arm, dan 10 dump truck. Setiap harinya, volume lumpur yang berhasil dikeruk dan diangkut sebanyak 44.062 meter kubik.

“Dengan pengerukan lumpur ini daya tampung kali lebih banyak. Diharapkan dapat selesai sesuai target waktu, serta nantinya dapat dirasakan manfaatnya bagi warga Jakarta,” Terangnya. [Kominfotik JP]

Pos terkait