Sedimen Lumpur dan Sampah di Saluran Batu Panca Warna Kayu Putih Dikeruk

Foto Dok. Kelurahan Kayu Putih

Barometernews.id | Jakarta, – Berbagai upaya dilakukan secara rutin  dalam mengantisipasi terjadinya luapan air yang berakibat terjadinya genangan air atau banjir, di Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung.

Hal itu dilakukan menindaklanjuti Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 52 Tahun 2020 tentang Percepatan Peningkatan Sistem Pengendalian Banjir di Era Perubahan Iklim.

Bacaan Lainnya

Kali ini, 8 anggota petugas petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dikerahkan dalam pengerukan sedimen lumpur dan sampah di saluran air Jalan Batu Panca Warna RW 11 Kelurahan Kayu Putih.

“Petugas PPSU melaksanakan kegiatan pengerukan lumpur, bersih-bersih sampah dan sedimen di saluran air. Mereka tetap bersemangat walaupun kendala di lapangan masih sering dialami seperti bau tidak sedap di saluran,” Kata Sekretaris Lurah, Kelurahan Kayu Putih, Parno saat dikonfirmasi, Selasa (09/03).

Ia menjelaskan, saluran dikerjakan memiliki panjang 100 meter dan lebar 40 sentimeter. Dengan dilengkapi alat pengerjaan diantaranya, cangkul, palu, cangkrang dan sapu lidi serta karung.

Parno berharap agar pengerukan saluran ini bisa membawa dampak baik untuk warganya, dalam berkolaborasi menjaga kebersihan saluran air dan lingkungan di sekitar, sehingga hidup bersih dan sehat.

“Kolaborasi aktif warga kita butuhkan. Setidaknya jaga dan lindungi lingkungan sekitar kita, tidak membuang sampah disaluran merupakan langkah yang mulia,” Pungkasnya. [Kominfotik JT]

Pos terkait