Sejak Hari Pertama Gempa Bumi, MRPB P dan KKPB Terus Salurkan Bantuan

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Pasbar, – Sejak hari pertama MRPB P & KKPB terus menyalurkan bantuan terhadap korban Gempa dahsyat yang mengguncang bumi Tuah Basamo Pasaman Barat yang terjadi di hari Jum’at (25/02) lalu.

Foto Dokumentasi

Gempa dahsyat yang telah meluluh lantakkan hampir semua rumah warga di Kenagarian Kajai Kecamatan Talamau Kabupaten Pasbar Sumbar, terutama bangunan permanen, hingga menimbulkan trauma yang mendalam terhadap warga.

Bacaan Lainnya

Hingga hari ini Minggu (27/02) masih terlihat ribuan warga bertahan tinggal di tenda-tenda pengungsian yang tersebar di berbagai titik di Kajai, Simpang Timbo Abu, Sinuruik, dan sekitarnya, termasuk pengungsi yang berada di pos utama halaman kantor Bupati Pasbar.

Berdasarkan pantauan MRPB P & KKPB pada umumnya para pengungsi tersebut sangat membutuhkan bantuan, baik berupa sembako, obat-obatan, pakaian, selimut, dan kebutuhan khusus balita.

Demikian juga ada beberapa warga yang mengungsi ke rumah-rumah sanak saudaranya atau bangunan lainnya yang belum terdeteksi oleh Pemerintah.

Foto Dokumentasi

Bagi pengungsi yang bukan di tenda resmi ini,  ataupun bagi pengungsi yang mendirikan tenda terpisah tersebut, tentu mereka tidak terdata hingga sejak hari pertama sampai hari ke tiga saat ini, diduga para pengungsi di luar pengungsian resmi tersebut belum menerima bantuan apapun.

Seperti  pengungsi yang bukan di tenda resmi itu yakni warga Kajai yang mengungsi di Kantor Dinas Pertanian Pasaman Barat diperkirakan ada sekitar 60 warga termasuk anak-anak dan balita, dan diperkirakan juga masih ada ratusan pengungsi lainnya.

Begitu MRPB P & KKPB menerima informasi adanya pengungsi yang belum terdata ini, para relawannya langsung turun menyalurkan bantuan berupa beras, minyak goreng, mie instan, telur, biskuit, susu balita, gula kopi dan teh, dan selimut termasuk pakaian layak pakai.

Demikian disampaikan oleh Ketua MRPB P, Mon Eferi yang didampingi oleh Ketua KKPB, Decky H. Sahputra pada media ini di Simpang Empat Minggu (27/02).

Untuk itu, Mon Eferi dan Decky menghimbau dan menyerukan,”Sudah saatnya kini kita bersatu padu membantu saudara kita yang ditimpa musibah gempa bumi di Pasaman Barat, untuk itu kepada donatur dan para dermawan, mari Silakan menyalurkan donasi kemanusiaan peduli gempa Pasbar melalui Rekening MRPB Peduli di BRI 0615-01-008410-53-1,” Himbau mereka. [Zoelnasti]

Pos terkait