Seniman Topeng Betawi Entong Sukirman Meninggal Dunia

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – DKI Jakarta berduka karena kehilangan salah satu seniman betawi yang terkenal hingga kancah internasional dengan budaya Topeng Betawi yaitu Entong Sukirman Bin H. Kisam Djiun (52) yang meninggal dunia Kamis (18/11) di RS Haji Pondok Gede.

Berdasarkan pantauan tim di rumah duka di RT 002/RW 01 Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas Jakarta Timur, terlihat banyak karangan bunga diantaranya dari Dinas Kebudayaan DKI Jakarta serta para kerabat seniman, Jumat (19/11).

Bacaan Lainnya

Menurut adik kandung Entong Sukirman, Atin Kisam, mengatakan, pada Kamis jam 12.00 WIB, almarhum masuk rumah sakit dan meninggal dunia pada sorenya, kemudian pada Jumat dimakamkan di TPU Bambu Apus selepas salat Jumat. Almarhum meninggal dunia akibat komplikasi penyakit asam lambung dan darah tinggi, dengan meninggalkan 5 anak dan 4 cucu.

“Entong Sukirman merupakan anak ke-6, Kami sangat berduka apalagi ini abang kandung yang dari kecil bersama-sama melestarikan mengembangkan budaya Betawi warisan orang tua, sekarang jadi kayak pincang biasanya duet sama almarhum sekarang tidak bisa duet lagi,” Ucapnya.

Atin bercerita, meninggalnya almarhum tidak meninggalkan firasat pada keluarga karena pada Rabu (17/11) masih aktif mengajar di anjungan DKI Jakarta Taman Mini Indonesia Indah.

Sementara itu, Camat Ciracas, Mamad, mengungkapkan, sosok Entong Sukirman merupakan tokoh yang membawa seni Betawi dari tingkat DKI Jakarta hingga internasional.

“Ini tentunya kehilangan yang besar untuk para seniman Betawi,” Ujar Mamad.

Ia berharap, usulan penggunaan nama Entong Sukirman untuk salah satu gedung kesenian di Jakarta dapat diwujudkan. Baginya, nama almarhum cukup beralasan untuk diabadikan karena kiprahnya membangun seni Betawi.

“Semoga semangat beliau dalam mengusung seni Betawi di kancah internasional bisa diikuti generasi berikutnya dan menginspirasi,” Tambahnya. [Kominfotik JT/JS]

Pos terkait