Siap Hadapi Glagaspur Tingkat III, KRI Mentawai 959 Laksanakan Sea Trial

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Satya Wira Jala Dharma. KRI Mentawai 959 yang dikomandani Mayor laut (P) Tedi Febrian melakukan Sea Trial atau uji coba kesiapan kapal perangnya di perairan Laut Jawa, Minggu (27/09). KRI Mentawai 959 merupakan kapal perang jenis Bantuan Umum (BU) salah satu unsur dibawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta.

Foto Dokumentasi

Uji kesiapan Kapal dengan jenis Coaster ini sebagai persiapan untuk mengikuti gladi tugas tempur (glagaspur) tingkat III dengan unsur-unsur KRI Kolinlamil lainnya.

Bacaan Lainnya

“KRI Mentawai 959 akan mengikuti glagaspur tingkat III. Untuk itu kita melakukan sea trial sebagai uji kesiapan kapal dan personel agar dapat mengukur kemampuan kapal dan pengawaknya,” Tutur Komandan KRI.

KRI Mentawai 959 sebelumnya telah melaksanakan perawatan dan pemeliharaan mesin kapal dan beberapa peralatan lainnya. Sehingga untuk mengetahui hasilnya, dilaksanakan uji coba pelayaran dengan menyusuri  perairan Laut Jawa.

Foto Dokumentasi

Dalam uji coba tersebut, Kapal berbentuk cargo berbobot mati 1350 ton ini melakukan berbagai latihan peran, diantaranya peran persiapan berlayar dan bertempur, peran pemanduan, peran orang jatuh dilaut, peran tempur, peran kebakaran dan kebocoran, peran sekoci serta peran embarkasi debarkasi.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) mengarahkan Komandan KRI Mentawai 959 agar tetap menjaga kesiapan kapal perang dan meningkatkan motivasi anak buah dalam melaksanakan tugas pokok.

“Jaga dan operasionalkan kapal ini dengan optimal. Terus semangat dan tumbuhkan terus rasa bangga sebagai prajurit KRI Mentawai-959 dan tingkatkan kesiapsiagan pelaksanaan purba jaga,” Tegas Panglima Kolinlamil.

Foto Dokumentasi

Panglima Kolinlamil mengungkapkan kiprah KRI Mentawai 959 telah banyak memberikan sumbangsih bagi negara dalam melaksanakan dukungan operasi militer baik Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang.

“Mengingat telah banyak kiprahnya dalam berbagai operasi militer, KRI Mentawai harus terus dipelihara dan dirawat,” Katanya menambahkan.

Disisi lain sea trial juga bertujuan sebagai sebagai bahan evaluasi bagi pemimpin Kolinlamil dalam mengambil kebijakan operasional KRI dan sekaligus untuk menentukan siap tidaknya kapal perang tersebut guna mendukung kegiatan tugas-tugas kedepan.

Sea trial KRI Mentawai 959 disamping menguji performa mesin juga melakukan manuver-manuver yang bertujuan untuk mengukur kesiapan KRI dan personel dalam mengawaki alutsista tersebut.

KRI Mentawai 959 didukung persenjataan ringan standar Angkatan Laut berupa Metraliur Double laras 12,5 mm yang berada di lambung kanan dan kiri. Karena tidak dimaksudkan sebagai kapal tempur di garis depan, maka kapal ini tidak dilengkapi dengan persenjataan berat dan canggih seperti meriam, kanon atau rudal. [Benny PS]

Pos terkait