Sudin Dukcapil Gelar Layanan Jemput Bola di Balai Warga RW 01 Kelurahan Gambir

Dok. Sudin Dukcapil Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar layanan jemput bola di Balai Warga RW 01, Gambir. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Barometernews.id | Jakarta, – Suku Dinas (Sudin) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar layanan jemput bola di Balai Warga RW 01, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (15/03).

Dalam layanan jemput bola ini para warga dapat mengurus berbagai macam dokumen kependudukan seperti KTP, KK, KIA, Akta Kelahiran, dan dokumen kependudukan lainnya.

Bacaan Lainnya

Kepala Sektor Dukcapil Kecamatan Gambir Haryanto menjelaskan, layanan jemput bola ini dilakukan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di saat PPKM Level 2 ini.

“Mungkin selama pandemi warga agak takut ke kelurahan atau ada hal-hal yang menyebabkan warga enggan ke kelurahan, maka di level 2 ini kami mencoba mendekatkan diri kepada masyarakat,” Jelasnya.

Rencananya, lanjut Haryanto, layanan jemput bola kependudukan ini akan dilaksanakan bergilir di wilayah lain. “Di Balai Warga RW 01 Kelurahan Gambir ini dilaksanakan satu hari ini saja, berikutnya akan dijadwalkan di kelurahan lain,” Ucapnya.

Haryanto memaparkan untuk di wilayah RW 01 tersebut banyak warga yang sudah tidak tinggal tetapi dokumentasinya masih di wilayah RW 01. “Tadi sudah ada sekitar 10 warga yang kita rekam KTP dan ada beberapa yang ternyata secara administrasi tinggal di Gambir tetapi secara domisili di wilayah lain, kita sudah informasikan ke RT-RW-nya agar warga melakukan perekaman kependudukan karena suatu saat mereka akan membutuhkan layanan kependudukan,” Paparnya.

Di lokasi yang sama, Ketua RW 01 Kelurahan Gambir Ismajaya menyambut baik layanan jemput bola kependudukan ini karena membantu pihak RT-RW dalam melengkapi data warga.

“Menurut saya ini sangat penting, karena kelengkapan dokumen sangat penting bagi warga, baik dokumen pribadi atau keluarga, sehingga tidak mempersulit ruang gerak mereka untuk mengurus segala sesuatu,” Katanya. [Kominfotik JP]

Pos terkait