Sumber Daya Manusia RSUD Cipayung Terlatih dalam Hadapi Bencana

Foto Dok. RSUD Cipayung

Barometernews.id | Jakarta, – Dalam kesiapan menghadapi bencana, Direktur RSUD Cipayung, dr. Eko Nugroho Budhi Prasetyo, menyebutkan, RSUD Cipayung memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni pada Hospital Disaster Plan (HDP) yang telah dilatih oleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Timur.

Adapun kesiapan tersebut diuji dalam bentuk Simulasi Evakuasi Bencana sekaligus peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana, pada Senin (26/04), dimana RSUD Cipayung ditunjuk jadi rumah sakit satu-satunya yang ikut dalam kegiatan itu.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan ini, dr. Eko menyatakan, RSUD Cipayung melibatkan 25 pegawai yang terdiri dari perawat, bidan, dokter dan unsur penunjang.

“Simulasi ini dikomandoi oleh Unit Keselamatan Dan Kesehatan Kerja RSUD Cipayung bapak Ns. Maryanto, SKM, S.Kep, dengan kualifikasi kemampuan manajemen kebencanaan yang telah tersertifikasi dari organisasi profesi dan Pemerintah,” Jelas ujarnya saat dihubungi tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur, Selasa (27/04).

Selain itu, dr.Eko menambahkan, pandemi Covid-19 yang sudah lebih 1 tahun melanda negeri, dan sebagai rumah sakit akan menjadi ciri khusus dalam penanggulangan dan pengendalain wabah tersebut. Dalam kesempatan ini, RSUD Cipayung melakukannya dalam bentuk simulasi evakuasi pasien di ruang Covid-19 dan ruang perawatan non Covid-19, yang diawali dengan kejadian gempa di ruang isolasi. [Kominfotik JT/JS]

Pos terkait