Tahun 2020, Sudin SDA Jakarta Timur Bangun 11 Saluran Air dan “Crosssing”

Foto Dok Sudin SDA Jakarta Timur

Barometernews.id | Jakarta, – Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Timur membangun saluran air dan crossing saluran di 11 lokasi selama tahun 2020. Adapun total pekerjaan untuk pembangunan crossing saluran dan saluran air menghabiskan anggaran sebesar Rp25 milliar dalam rangka untuk mengatasi genangan di wilayah Jakarta Timur.

Kepala Seksi Pembangunan Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri, mengatakan, pembangunan saluran air dan crossing di 11 lokasi itu telah selesai dilakukan.

Bacaan Lainnya

“Dari 11 lokasi ini persentase penyelesaian pekerjaan sekitar 98,98 persen. Karena salah satu lokasi pekerjaan yakni pembangunan saluran air di Jalan Raya Pinang Ranti, Pinang Ranti, Makasar, sepanjang 983 meter, tidak tuntas seluruhnya,” Papar Saugi, Senin (18/01) saat dihubungi tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur.

Ia menyebutkan, masih ada 124 meter saluran air yang terpotong karena banyaknya jaringan utilitas kabel fiber optik di dalam saluran tersebut dan juga ada pipa PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), sehingga pembuatan saluran air hanya mencapai 883 meter di lokasi tersebut.

“Namun di lokasi tersebut sudah ada saluran drainase eksisting, agar tidak timbul genangan nanti kita kuras,” Tambahnya.

Adapun 11 lokasi pengerjaan saluran air dan crossing saluran tersebar yaitu pembuatan crossing saluran di Jalan DI. Pandjaitan Jatinegara (46 meter depan Kantor Unit Pengelola Penyelidikan, Pengujian dan Pengukuran Dinas SDA DKI) dan 71 meter depan kampus Institut Bisnis Nusantara hingga Cimory Penas. Masing-masing crossing saluran dibuat dengan menggunakan box culvert berukuran 1,5 x 1,15 meter.

Kemudian, pembuatan saluran air sepanjang 632 meter di Jalan Nusa Indah I, Malaka Jaya, Duren Sawit, dan sepanjang 460 meter di Jl Raya Tengah, Kelurahan Tengah, Kramat Jati.

Selanjutnya, pembuatan 895,2 meter saluran air di sisi barat Jalan Raya Penggilingan (dari Jalan Penggilingan Elok hingga Kali Cakung) dan 290 meter saluran air di Jalan Cipinang Cempedak III, Cipinang Cempedak, serta saluran air sepanjang 281 meter di Jalan Mayjen Soetoyo, Cawang.

Selain itu, pembuatan saluran air sepanjang 496 meter di Jalan Laut Sulawesi, Duren Sawit, saluran air sepanjang 335 meter di Jalan Malaka Country, Pondok Kopi, saluran air sepanjang 2.376 meter di Jalan Tengki, Cipayung dan saluran air sepanjang 461 meter di Jalan Pertengahan, Kelurahan Cijantung. [Kominfotik JT/JS]

Pos terkait