Taman Jabon Salah Satu Destinasi Wisata Lokal di Kabupaten Bekasi

  • Whatsapp
Foto Dok. Taman JABON yang menggunakan Tenaga Surya dari PT. Gudang Pompa Surya [GPS] sebagai sumber penerangannya.

Barometernews.id | Kabupaten Bekasi, – Guna mendorong pemberdayaan masyarakat sekaligus mempercantik lingkungan yang awalnya hanya tanah kebun pohon Jabon dan sempat terabaikan, akhirnya warga Perumahan Mega Regency, RW 012 Kelurahan Sukaragam, Serang Baru Bekasi membuat lahan tersebut menjadi sebuah destinasi wisata berupa taman, agar lebih terawat.

Foto Dok. Kang Budiyanto, anggota DPRD Kab. Bekasi F-PKS saat mengunjungi Taman JABON, Minggu (23/08).

Destinasi wisata yang dibangun secara swadaya masyarakat ini dinamai Taman JABON yang di lengkapi dengan berbagai jenis mainan hingga tempat selfi yang mendekorasi taman tersebut. Taman ini berdiri diatas lahan sekitar 4000 m2 yang merupakan lahan Fasilitas Umum pihak Develover perumahan.

Bacaan Lainnya

“Kenapa dipilih nama JABON ? ada beberapa alasan kenapa dinamakan TAMAN JABON, yang pertama karena area taman berada diantara dua blok yaitu Blok O dan Blok N maka dinamai Jalan Blok O dan N, dan yang kedua didalam taman banyak pohon Jabon berdiri, maka itu dinamakan Taman JABON,” Kata Marifin yang juga Ketua RW 012.

Foto Dokumentasi

Ditambahkan Marifin, sampai saat ini taman sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas dan prasarana di antaranya space bermain anak, taman, area swafoto atau selfie, dan tempat-tempat duduk untuk bersantai. Uniknya ditaman ini terdapat pohon tenaga surya atau suntree , dimana semua lampu penerangan ini menggunakan listrik dari tenaga surya berkapasitas 1000VA yang dikerjakan oleh tenaga profesional dari PT. Gudang Pompa Surya (GPS) yang beralamat di Ruko Sentra Komersial/RSK 7 No. 60 Grand Galaxi – Jakasetia – Bekasi Selatan.

Mungkin baru pertama di Bekasi ataupun di Indonesia taman yang menggunakan Pohon Tenaga Surya tersebut.

“Kalau sore dan malam. Semua warga duduk-duduk disini. “Sekarang kami punya tempat terbuka yang aman, nyaman, dan asri,” Tutur marifin.

Foto Dok. Taman JABON yang menggunakan Tenaga Surya dari PT. Gudang Pompa Surya (GPS)  sebagai sumber penerangannya

Menurutnya, kunci dari terwujudnya taman ini adalah kegotong-royongan warganya. Jauh sebelumnya, mereka tidak pernah terpikirkan untuk melakukan hal tersebut.

“Sampai taman ini jadi pun warga tetap akan menjaga kebersihan, perawatan, hingga pembuatan hiasan taman agar lebih menarik lagi,” Ucap Marifin.

Taman Jabon Minggu (23/08) mendapat kunjungan dari Anggota DPRD Kab. Bekasi F-PKS kang Budiyanto di dampingi kang Fakhrul Fauzi Kasie Ekbang kecamatan Serang Baru, dalam kunjungannya kang Budiyanto berharap pemerintah kecamatan Serang Baru mendukung untuk menjadikan Taman JABON sebagai salah satu Destinasi wisata lokal di Kecamatan Serang Baru.

Awalnya taman ini dibuat hanya untuk warga lingkungan RW sekitar untuk berkumpul, anak-anak bermain, namun belakang ini masyarakat dari luar RW12 pun berbondong- bondong datang ke taman JABON ini. [GPS]

Pos terkait