Tanggap Tangani Banjir, Pemkot Jakarta Timur akan Buat 3 Waduk

  • Whatsapp
Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur meninjau lokasi yang akan dijadikan waduk yang merupakan hasil tindak lanjut dari rapat untuk pembuatan waduk dalam penanganan masalah banjir, Senin (08/03). Adapun lokasi peninjauan dilakukan di wilayah Waduk Cilangkap, Waduk Giri Kencana dan Waduk Pondok Ranggon 3.

Peninjauan dilakukan oleh Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, bersama Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Timur, Lurah Cilangkap dan Lurah Pondok Ranggon.

Bacaan Lainnya

“Kita memanfaatkan lahan Pemda yang masih belum terpakai. Untuk di area Cilangkap milik Dinas Pertamanan dan Hutan Kota seluas kurang lebih 30 hektare, ini kita coba untuk lahan serapan air,”Ujar Kusmanto.

Selanjutnya, akan dilakukan pembebasan lahan di area Waduk Giri Kencana seluas 2,3 hektare yang nantinya dimanfaatkan untuk penyempurnaan inlet dan outlet. Terakhir, Waduk Pondok Ranggon Rya seluas 2,3 hektare.

“Nantinya 2 waduk ini kita akan koordinasikan dengan Sudin Pertamanan dan Hutan Kota, dan Sudin SDA Jakarta Timur untuk dijadikan waduk minimal sementara untuk menyimpan air hujan,” Jelas Kusmanto.

Ia berencana, untuk jangka panjang akan diusulkan kepada Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta untuk dibuatkan konsep taman dan waduk untuk berkolaborasi. Selain itu juga akan dilakukan pemanfaatan lahan untk serapan air dan konsep hutan kota.

“Nanti kedepannya kita akan undang kepada unit-unit yang terkait untuk membahasnya, karena ini juga untuk tindak lanjut penanganan kemarin di tahun 2020,” Katanya.

Ia berharap, kedepannya rencana penanganan masalah banjir agar aliran hulu bisa cepat ditangani dan aliran debit air di hilir ringan.

“Mudah-mudahan tidak ada lagi banjir seperti tahun lalu,” Ucap Kusmanto. [Kominfotik JT/VS]

Pos terkait