Teupin Raya Kabupaten Pidie

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Pidie, – Kompleks Dayah Darussa’adah Pusat, Teupin Raya, Kecamatan Glumpang Tiga, Kabupaten Pidie dipenuhi jamaah Doa Bersama, Minggu (17/7).

Foto Dokumentasi

Jamaah tersebut khusus menghadiri kegiatan Haul (Ulang Tahun) ke 20 Wafatnya Al-Mukarram Tgk. H. Muhammad Ali Irsyad Teupin Raya yang juga pendiri Dayah Darussa’adah Pusat. Ulama kharismatik Aceh itu semasa hidupnya akrab disapa Abu Lampoh Pala Teupin Raya atau Abuya Falaki (Ahli Ilmu Falak).

Bacaan Lainnya

Doa bersama yang dipimpin oleh Abon Gampong Teungoh dengan jamaah yang merupakan alumni Dayah Darussa’adah yang tersebar di seluruh Aceh. Ada pula masyarakat sekitar Teupin Raya dan santri dayah dari kabupaten/kota lainnya.

Untuk tahun ini ketua panitia haul dipercayai kepada Tgk. Muslem MK , didampingi sekretaris haul, Tgk. Zulfadhli Ismail, M.A.

Foto Dokumentasi

Setelah Doa Bersama dilanjutkan Manaqib Abuya oleh Prof. Tgk. H. Muhammad Shiddiq Armia, MH. Ph.D merupakan Guru Besar Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Prof dalam MANAQIB menjelaskan Profil Al Mukarram Syekh Tgk. H. Muhammad Ali Irsyad Al -Falaki. Sungguh suatu yang sangat penting kita ketahui perjalanan hidup Abuya, mulai dari kelahirannya di Kayee Jatoe Teupin Raya 24 Mei 1921 M/ 17 Ramadhan 1339 H, hingga wafatnya Kamis 20 Februari 2003 M/18 Zulhijjah 1423 H.

Kemudian dilanjutkan sejarah berdirinya Darussa’dah oleh pimpinan Darussa’adah Cabang Paradis Pidie Jaya Abati Tgk. H. Sayyed Abdullah Paradis yang juga Ketua MPU Kabupaten Pidie Jaya.

Sebagaimana kita diketahui, Dayah Darussa’adah Pusat Teupin Raya mempunyai puluhan cabang dan ratusan ranting di seluruh Aceh sampai luar negeri, seperti Malaysia dan Pattani Thailand Selatan.

Kemudian kata sambutan Pimpinan Pusat Dayah Darussa’dah yang mulia Tgk. Muhammad M. Ali Irsyad yang biasa dipanggil Ayah.

Setelah doa penutup, dilanjutkan dengan makan kenduri bersama.

Turut hadir dalam Haul tersebut pemimpin besar Darussa’dah Pusat Tgk. Muhammad Bin M. Ali Irsyad, seluruh pemimpin cabang dan ranting Dayah Darussa’dah, Para ASN Pidie dan Pidie Jaya, Camat dan Muspika serta tokoh masyarakat Pidie dan Pijay. [Cek Mad/jbm]

Pos terkait