Tgk. Mukam Zahri: Penyuluh Harus Aktif

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Aceh Besar, – Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Aceh Besar, Tgk. Mukam Zahri, S.Ag menyampaikan arahan dan bimbingan kepada Penyuluh Fungsional agar selalu aktif pada setiap kegiatan, baik pada kelompok binaan maupun acara kemasyarakatan.

“Walaupun kadang  terkendala situasi dan kondisi disebabkan Covid-19, namun pengabdian tetap harus dilaksanakan  dengan mengikuti protokol kesehatan (Prokes),” Tegas Tgk Mukam, Selasa (15/12).

Bacaan Lainnya

Arahan tersebut disampaikan pada pertemuan rutin bulanan di Bale Munakahat, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Darul Imarah.

Penyuluh Fungsional yang bertugas di Kecamatan Indrapuri ini juga menjelaskan beberapa program kerja Pokjaluh yang belum terlaksana karena Covid-19. Agenda yang tertunda itu akan direalisasikan tahun depan, dan menjadi program prioritas.

“Termasuk menambah program pembinaan pada Rutan Perempuan di Lhok Nga, pelatihan untuk pengajar TPQ, dan program pelatihan tajhiz mayat bagi generasi muda atau remaja masjid,” Jelas Tgk. Mukam.

Tgk. Tarmizi M Daud, M.Ag, yang juga penyuluh senior menyampaikan pengalaman kerja selama ini, yang diperbantukan pada Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh. Ia menjelaskan kinerjanya yang hampir sama dengan aktifitas penyuluh, yaitu memotifasi kegiatan dayah dan balai pengajian, serta keterlibatannya menyampaikan pengajian kitab pada masyarakat.

Pada rapat tersebut, seluruh Penyuluh Fungsional yang juga Koordinator Penyuluh Agama Islam Non PNS menyerahkan sumbangan sosial untuk korban banjir di Aceh Utara dan Aceh Timur, selanjutnya diserahkan melalui Pokjaluh Provinsi Aceh.

Pertemuan diakhiri dengan makan siang bersama, yang disediakan oleh pihak KUA Kecamatan Darul Imarah. [AM]

Pos terkait