Tiga Alat Berat Dikerahkan, Atasi Sampah Tepi Tanggul Laut Kalibaru Butuh Waktu Sepekan

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Tiga alat berat dikerahkan mengatasi tumpukan sampah di tepi tanggul laut National Capital Integrated Coastal Development (NCICD), RW 04 Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara. Diperkirakan tumpukan sampah teratasi dalam kurun waktu sepekan ke depan.

“Kalau melihat kondisinya ini semoga bisa selesai sepekan. Panjang area yang kita atasi sampahnya sekitar 400 meter,” kata Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara, Achmad Hariadi saat dikonfirmasi, Rabu (23/02).

Bacaan Lainnya

Meski belum bisa diperkirakan jumlah sampah yang diatasi, namun dipastikannya sampah diangkut menggunakan sepuluh truk ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

Sekitar 250 personel gabungan pun dikerahkan baik dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara, Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Kecamatan Cilincing, Kelurahan Kalibaru, hingga masyarakat sekitar.

“Nantinya kita akan tempatkan dua unit bak sampah di wilayah sekitar agar sebagai wadah pembuangan bagi warga,” Jelasnya.

Sementara Camat Cilincing, Mohammad Andri menambahkan, penanganan melalui gerebek sampah ini merupakan tindakan darurat.

Penyelesaian persoalan sampah di kawasan tersebut juga harus melibatkan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selalu pemilik lahan. Andri juga berharap pembangunan jalan inspeksi dan taman yang sudah direncanakan bisa segera direalisasikan.

“Petugas kita tidak bisa 24 jam mengawasi. Dibutuhkan peran serta dan kesadaran warga juga dalam menjaga lingkungan,” Tutupnya. [Kominfotik JU]

Pos terkait